SISTEM INFORMASI HOMESTAY BERBASIS WEB DESA BANTARAGUNG

Main Article Content

Enang Rusnandi
Dena Resmanah

Abstract

Desa Bantaragung sendiri sudah memiliki beberapa homestay yang tersebar di 2 blok yaitu blok desa dan blok pasir ayu. Kapasitas keseluruhan homestay Bantaragung ada 65 kamar dari 40 rumah untuk 130 orang pengunjung. Fasilitas yang disediakan yaitu kamar tidur (2 bantal, selimut, sandal), kamar mandi, ruang tamu, welcome drink (teh/ kopi, snack lokal), breakfast. Kepemilikan homestay yang ada di Bantaragung merupakan milik warga desa, baik pengunjung menginap bersama pemilik rumah maupun terpisah dengan pemilik rumah. Dengan adanya sistem informasi homestay ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai fasilitas, harga, dan ketersediaan homestay yang selalu up to date di Bantaragung. Sistem tersebut juga dapat mempermudah pengelola homestay yaitu Pengelola homestay dapat melakukan pengelolaan data homestay lebih mudah, selain itu juga dapat dimanipulasi sewaktu-waktu dan pembuatan laporan penyewaan homestay yang efektif dan efisien, dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pelayanan terhadap para wisatawan atau pengunjung yang harus menjadi perhatian utama dalam mewujudkan Desa Bantaragung menjadi desa wisata yang ramah terhadap para wisatawan.

Article Details

How to Cite
Rusnandi, E., & Resmanah, D. (2020). SISTEM INFORMASI HOMESTAY BERBASIS WEB DESA BANTARAGUNG. INFOTECH Journal, 6(1), 49-52. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/508
Section
Articles

References

Abdullah, R. (2015). Web Programming is Easy. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Anjar Priyadna, L. Y. (2013). Pembuatan Sistem Registrasi Kamar Hotel Berbasis Website Pada Hotel Graha Prima Pacitan. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 2 No 2 - ijns.org, ISSN:2302-5700.
Haryadi, D. (2019). Eksplorasi Majalengka, Ridwan Kamil Terpesona Alam Desa Bantaragung. AyoBandung.com.
Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Undified Modeling Language). Journal Informatika, Vol 6 No 1.
Jogiyanto. (2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset. Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mustakini, J. H. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Nugroho, B. (2013). Dasar Pemrograman Web PHP - MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.
Pressman, S. R. (2000). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: ANDI.
Rachman, A. (2005). Ilmu Perhotelan dan Restoran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
S. Artaulina Sitorus, E. P. (2017). SISTEM INFORMASI RESERVASI HOTEL PADA GM. MARSARINGAR BALIGE BERBASIS ANDROID. Media Informasi Analisa dan Sistem, Volume 2, No1.
Sibero, A. F. (2013). Web Programming Power Pack. Yogyakarta: Mediakom.
Supriyanto. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Salemba Infotex. Widodo, P. P. (2011). Menggunakan UML. Bandung: Informatika.
Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu