PERAN PENTING SOCIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN MINAT KREASI MEMASAK KUDAPAN BAGI REMAJA PADA MASA PANDEMI

Abstract Views : 169 / Downloads Count: 151

Authors

  • Nurhalyza Nabila Putri Setiawan Universitas Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.2604

Keywords:

Social Media, Memasak, Kudapan, Remaja

Abstract

Memasak adalah kegiatan keseharian yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya yaitu makan. Seiring perkembangan teknologi yang mulai meluas, manusia dimudahkan untuk mengakses social media menggunakan smartphone. Social media inilah yang berperan dalam segala hal, contohnya dalam hal surat menyurat kita tak perlu lagi susah payah untuk menulis surat manual, namun kita hanya perlu menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengirim pesan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang penggunaan social media tersebut dalam meningkatkan kreasi memasak kudapan bagi remaja pada masa pandemi. Para remaja sekarang, sudah mulai mengenali beberapa trend terkini yang marak tersebar di social media. Biasanya makanan yang dibuat itu berupa kudapan dengan teknik yang mudah untuk diikuti oleh remaja. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan instrument pembuatan survey kuesioner pada remaja, studi kepustakaan dan internet. Dengan demikian, penelitian ini akan mengarahkan remaja pada hal yang positif dan mengukur seberapa minatkah remaja dalam hal memasak kudapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Karunia, F. B. (2013). "KAJIAN PENGGUNAAN ZAT ADIKTIF MAKANAN (PEMANIS DAN PEWARNA) PADA KUDAPAN BAHAN PANGAN LOKAL DI PASAR
KOTA SEMARANG." Food Science and Culinary Education Journal 2: 7.

Maya Amaliyah, R. D. S., Luthfiyah Nurlaela, Dwi Kristiastuti (2021). "POLA KONSUMSI MAKAN REMAJA DI MASA PANDEMI COVID 19." Jurnal Tata Boga 10: 9.
Miller, D., et al. (2016). How The World Changed Social Media. London, UCL Press.

Nita, M. H. D., et al. (2021). "Teknik Memasak Panas Kering (Dry Head Cooking) pada Protein Hewani di Instalasi Gizi RSUD Prof dr. W. Z. Johannes Kupang." Journal Nutriology: Jurnal Pangan Gizi Kesehatan 2: 6.
Rofahan, A., et al. (2014). Media Sosial Masa Depan Media Komunitas. Yogyakarta, COMBINE Resource Intituition (CRI).
Rusdiarti, S. R. (2019). "DAPUR, MAKANAN, DAN RESISTENSI PEREMPUAN DALAM CERITA PENDEK KUTUKAN DAPUR KARYA EKA KURNIAWAN." Jurnal Ilmu Budaya 7: 9.
Triastuti, E., et al. (2017). KAJIAN DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI ANAK DAN REMAJA. Depok, Jawa Barat, PUSAKOM, FISIP Universitas Indonesia.

Downloads

Published

21-06-2022

How to Cite

Setiawan, N. N. P. (2022). PERAN PENTING SOCIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN MINAT KREASI MEMASAK KUDAPAN BAGI REMAJA PADA MASA PANDEMI. INFOTECH Journal, 8(2), 6–9. https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.2604

Issue

Section

Articles