Inisiatif Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya dalam Menjangkau Pemustaka dengan Layanan Perpustakaan Keliling

Authors

  • Denaya Azzahra Universitas Padjadjaran
  • Elnovani Lusiana Universitas Padjadjaran
  • Rully Khairul Anwar Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9432

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan di Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya ini adalah untuk mengetahui strategi layanan yang dilakukan melalui program Perpustakaan Keliling untuk menjangkau pemustaka yang berada di daerah-daerah.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti melakukan observasi secara langsung ke Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya dan melakukan wawancara dengan Kepala Sub Bagian Perpustakaan dan juga beberapa staf perpustakaan dengan kesepakatan bersama dan tidak ada unsur pemaksaan.  Setelah mendapatkan data serta informasi dari hasil observasi dan wawancara, peneliti menganalisis data tersebut untuk kemudian dibuat laporan. Peneliti melakukan data analisis dengan mencocokkan hasil wawancara dengan keilmuan yang telah dipelajari sebelumnya serta membandingkannya dengan penelitian terdahulu. Peneliti juga melakukan perbandingan antara teori dengan kenyataan di lapangan.  Peneliti menemukan bahwa kegiatan layanan perpustakaan keliling yang dilakukan oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu strategi dalam menjangkau pemustaka dan memberikan layanan terbaik bagi setiap lapisan masyarakat. Meskipun masih terdapat beberapa hal yang belum memenuhi standar perpustakaan umum, akan tetapi Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya telah melakukan usaha terbaiknya sebagai lembaga informasi yang siap melayani kebutuh informasi seluruh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.  Meskipun Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya belum memenuhi standar perpustakaan berdasarkan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional No 8 Tahun 2017 tentang Standar Perpustakaan Kabupaten atau Kota, akan tetapi Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya telah melakukan layanan terbaik melalui perpustakaan keliling.

Keywords:

Perpustakaan keliling, strategi layanan perpustakaan, perpustakaan kabupaten, layanan perpustakaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisman, & Syahyuman. (2012). Tinjauan Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Pada Perpustakaan Umum Gunung Bungsu Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 192–200.

Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Bunga Angelina, R., Nursanti Rukmana, E., Cms, S., & Sukaesih. (2021). Pelayanan Perpustakaan Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 5(1).

Hanifah Akmala, N., & Husna, J. (2017). Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling “Ruang Terbuka Hijau” Sebagai Sarana Promosi Menumbuhkan Minat Baca Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 271–280.

Hartono. (2017). Strategi Pengembangan Perpustakaan Digital Dalam Membangun Aksesibilitas Informasi: Sebuah Kajian Teoritis pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Jurnal Perpustakaan, 8(1), 75–91.

Nabiha, A. D. (2022). Strategi Promosi di Jogja Library Center: Penelitian Kualitatif Manajemen Strategi Promosi Perpustakaan di Jogja Library Center. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 128–135.

Nugrahami, Dr. F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Putra, F. E. (2017). Kegiatan layanan dalam penelusuran informasi di perpustakaan. Jurnal Iqra’, 11(1).

Rizqi Ilmi, A., & Husna, J. (2019). Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa Oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Demak Dengan Mitra Kerja Perpuseru (Studi Kasus: Perpustakaan Desa Kenanga, Perpustakaan Desa Melati dan Perpustakaan Desa Nusa Indah ).

Saleh, A., & Komalasari, R. (2014). Pengertian Perpustakaan dan Dasar-Dasar Manajemen Perpustakaan. Universitas Terbuka.

Susilowati, R. (2014). OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH. LIBRARIA : Jurnal Perpustakaan, 2(2), 129–146.

Sutarno, NS. (2006). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN. Jakarta: Sagung Seto.

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Penerbit Gawe Buku. https://www.researchgate.net/publication/344211045

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). TIPE PENELITIAN DESKRIPSI DALAM ILMU KOMUNIKASI. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.

Downloads

Abstract Views : 260
Downloads Count: 144

Published

2024-10-07

How to Cite

Azzahra, D., Lusiana, E., & Anwar, R. K. (2024). Inisiatif Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya dalam Menjangkau Pemustaka dengan Layanan Perpustakaan Keliling. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9432

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.