Penerapan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jalaksana
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.793Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah, dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik kelas X di SMAN 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digambarkan dalam bentuk tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam II siklus. Data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes pada setiap siklusnya. Dari hasil analisa yang diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran dalam penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar PAI pada peserta didik kelas X IPS 5 di SMAN 1 Jalaksana mengalami peningkatan, dapat dilihat dari jalannya proses pembelajaran yang meningkat, dimana peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar PAI peserta didik kelas X IPS 5 ini juga mengalami peningkatan dari sebelum model pemebelajaran Card Sort di lakukan. Hanya 11 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 67,81 dan pada siklus I menjadi 20 peserta didik yaitu degan niali rata-rata 74,69, dan siklus II meningkat hingga 28 peserta didik yang tuntas dengan niali rata-rata 84,06. Berdasarkan analisa penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas X IPS 5 di SMAN 1 Jalaksana tahun pelajaran 2017/2018.
Keywords:
Card sort, hasil belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work