Penerapan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jalaksana

  • Didin Aminuddin SMA Negeri 1 Jalaksana
Keywords: Card sort, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah, dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik kelas X di SMAN 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digambarkan dalam bentuk tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam II siklus. Data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes pada setiap siklusnya. Dari hasil analisa yang diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran dalam penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar PAI pada peserta didik kelas X IPS 5 di SMAN 1 Jalaksana mengalami peningkatan, dapat dilihat dari jalannya proses pembelajaran yang meningkat, dimana peserta didik lebih  aktif dalam proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar PAI peserta didik kelas X IPS 5 ini juga mengalami peningkatan dari sebelum model pemebelajaran Card Sort di lakukan. Hanya 11 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 67,81 dan pada  siklus I menjadi 20 peserta didik yaitu degan niali rata-rata 74,69, dan siklus II meningkat hingga 28 peserta didik yang tuntas dengan niali rata-rata 84,06. Berdasarkan analisa penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas X IPS 5 di SMAN 1 Jalaksana tahun pelajaran 2017/2018.

Published
2021-03-10
How to Cite
Aminuddin, D. (2021). Penerapan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jalaksana. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 169-175. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.793
Section
Articles