Model Kooperatif Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6811Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada topik harmoni dalam ekosistem kelas V SD Negeri Randuacir 03 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes dan nontes yaitu tes akhir pembelajaran, intrumen observasi keaktifan belajar dan lembar observasi aktivitas guru. Soal akhir pembelajaran telah di uji validitas dengan nilai signifikansi < 0,05 dan uji reliabilitas dengan koefisien Cronbach’s Alpha 0,780 berkategori reliabel. Hasil penelitian didapatkan hasil 1) Model Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan aktivitas guru. Presentase aktivitas guru pada pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 55%, 68,33% dan 86,67%, sedangkan keaktifan siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 52,21%, 63,20% dan 84,87%. 2) Model Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatan hasil belajar dengan presentase 57,38% dari pra siklus ke siklus 1 dan presentase 88,24% pada siklus I ke siklus II. Simpulan dari hasil penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar IPA kelas V.
Keywords:
Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, Model kooperatif Tipe TGTDownloads
References
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104–111. http://sinta.ristekbrin.go.id.
Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155–162.
Basari, A., Wahyudi, E., & Maigina, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Siswa Kelas V. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 73–80.
Damaiyanti Parhusip, G., Dwi Kristanto, Y., & Yogyakarta, D. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 293–306. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.13816
Efendi, N., & Putri, L. (2022). Studi Literature Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 13084–13089.
Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.31
Khusnudin, R., & Anjarini, T. (2022). Model Pembelajaran Teams Games Turnaments Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 8(4), 1246–1252. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.2577
Luthfi, M. R. A., Huda, C., & Susanto, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 8(3), 422. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3902
Maharani, D. S., Indrawadi, J., & Amri, U. (2021). The Use Of The Teams Games Tournament (Tgt) Model Associated With The Media Of The Snakes And Ladder Games To Improve The Students’ Learning Activities Of Class V Sdn 13 Kapalo Koto Kota Padang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 1069–1078. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8474
Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60888
Maliasih, Hartono, & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Nyoman Sukasih, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 224–229.
Parimpasa, A., Yustinus, & Suroso. (2018). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Model Problem Based Learningdi Kelas 5 SD. Didaktika Dwija Indria, 6(2).
Rachma Thalita, A., Dyas Fitriyani, A., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.
Saputra, N. A. G., & Sridiyatmiko, G. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (Tgt) pada Siswa Kelas IV SD N Sumberwungu 1 Kepanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 319–325. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.396
Siti, N., Ula, S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model TGT. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 194–204.
Sri Widyastuti, N., & Suprapti. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Bagi Siswa Kelas Vi Sd Negeri Kotagede 3. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(3), 1183–1187.
Sulistiawati, N. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(1), 145–151. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45868
Sururi, I., & Wahid, A. (2022). Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode Untuk MeningkatkanKetrampilan Berbicara Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(2), 2414–2420. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.3139/http
Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Peningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Suwarni, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas 1 Sd Negeri 004 Teratak Buluh. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 175–181.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizal Yusuf Saputra, Nyoto Harjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work