PENERAPAN PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IXC SMP Negeri 1 Talun dalam memahami Penjelasan Narasumber dalam mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi “Listening to someone giving interesting news or information” dengan penerapan Model Pendekatan Pragmatik, sehingga pembelajaran Bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelas IXC SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menujukan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris pada materi “Listening to someone giving interesting news or information” meningkat. Dengan demikian disimpulkan Pendekatan Pragmatik dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas IXC SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon dalam belajar Bahasa Inggris pada materi “Listening to someone giving interesting news or information” dan meningkatkan hasil belajarnya.
References
Gumono, A. T. (2017). Analisis Film Denias dengan Pendekatan Pragmatik [Analysis of the Film Denias Using a Pragmatic Approach]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 13(1), 69-78.
Iskarim, M. (2013). Menjadi Guru: Antara Realitas Dan Idealitas. Edukasia Islamika, 11(1), 70265.
Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43-50.
Kurniawan, A. (2017). Pengaruh motivasi kerja dan kesejahteraan guru terhadap kompetensi profesional guru pada MIN air joman dan MIS Binjai Serbangan Kabupaten Asahan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara).
Oktarina, N. (2007). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dinamika Pendidikan Unnes, 2(3), 61996.
Ratnadewi, D. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Tematik Integratif: Sebuah Alternatif Model pembelajaran bahasa Inggris di SMK. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 9(2).
Sanusi, H. P. (2013). Peran Guru PAI dalam Pengembangan Nuansa Religius di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 11(2), 143-153.
Wati, W., Yuniastika, L., & firafita Ningsih, A. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru. Jurnal Mappesona, 2(1).
Copyright (c) 2020 Yeni Suryani Karyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work