PENERAPAN PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP

  • Yeni Suryani Karyawati SMP Negeri 1 Talun
Keywords: Hasil belajar, Pendekatan Pragmatik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IXC SMP Negeri 1 Talun dalam memahami Penjelasan Narasumber dalam mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi “Listening to someone giving interesting news or information” dengan penerapan Model Pendekatan Pragmatik, sehingga pembelajaran Bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelas IXC SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menujukan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris pada materi “Listening to someone giving interesting news or information” meningkat. Dengan demikian disimpulkan Pendekatan Pragmatik dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas IXC SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon dalam belajar Bahasa Inggris pada materi “Listening to someone giving interesting news or information” dan meningkatkan hasil belajarnya.

References

Aprilia, L. (2013). Penanganan Perbedaan Individual Dalam Proses Pembelajaran Stenografi. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 2(2), 118019.
Gumono, A. T. (2017). Analisis Film Denias dengan Pendekatan Pragmatik [Analysis of the Film Denias Using a Pragmatic Approach]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 13(1), 69-78.
Iskarim, M. (2013). Menjadi Guru: Antara Realitas Dan Idealitas. Edukasia Islamika, 11(1), 70265.
Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43-50.
Kurniawan, A. (2017). Pengaruh motivasi kerja dan kesejahteraan guru terhadap kompetensi profesional guru pada MIN air joman dan MIS Binjai Serbangan Kabupaten Asahan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara).
Oktarina, N. (2007). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dinamika Pendidikan Unnes, 2(3), 61996.
Ratnadewi, D. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Tematik Integratif: Sebuah Alternatif Model pembelajaran bahasa Inggris di SMK. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 9(2).
Sanusi, H. P. (2013). Peran Guru PAI dalam Pengembangan Nuansa Religius di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 11(2), 143-153.
Wati, W., Yuniastika, L., & firafita Ningsih, A. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru. Jurnal Mappesona, 2(1).
Published
2020-12-04
How to Cite
Karyawati, Y. S. (2020). PENERAPAN PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 624-628. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.635
Section
Articles