Media DIA RAJA (Audio Visual Aksara Jawa) Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6136Abstract
Mata pelajaran dalam bahasa jawa dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit, mereka kurang memahami dalam membaca tulisan terkait aksara jawa dan penggunaan media terkesan terbatas sehingga siswa belum mampu memahami materi aksara. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual yang dapat digunakan oleh siswa kelas V Sekolah Dasar untuk belajar materi aksara Jawa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kutowinangun 08 Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D). Desain pengembangan media pada penelitian ini adalah menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Penulis menyesuaikan model penelitian dan pengembangan Sukmadinata dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar yang berisi butiran pernyataan. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh skor sebesar 96%, oleh ahli materi diperoleh skor 90%, dan oleh ahli Bahasa diperoleh skor 98%. Hasil angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 95.66%. Rata-rata nilai pretest yang diperoleh siswa yaitu 28.89 dan nilai posttest diperoleh 84.72. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil presentase uji validasi masuk dalam kategori “Sangat Tinggi” dan hasil presentase respon siswa masuk dalam kategori “sangat menarik” sehingga pemahaman peserta didik dalam memahami materi pembelajaran sebelum dan sesudah menggunkan media pembelajaran audiovisual materi aksara jawa terdapat peningkatan yang signifikan.
Keywords:
aksara jawa, media pembelajaran, media audiovisualDownloads
References
Adawiyah, A., Maryam, S., Hasanah, A., & Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Speechnote dan Colornote dalam Penelitian Sosiolinguistik. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(1), 49. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1052
Borg, W. R., Gall, M. D., & Gall, M. D. (1993). Applied educational research: A
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530-2540.
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Kartikasari, D., & Nugroho, G. K. (2012). Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pokok Bahasan Aksara Jawa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 2(3).
Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 26-32.
Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran muatan lokal bahasa jawa dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN Sambiroto 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 149-158.
Nadhiroh, U. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 1-10.
Nugroho, S. (2023). Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Submateri Kisah Ramayana: Digital Comics as Javanese Language Learning Media Subtopic: The Story of Ramayana. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 20(1), 53-70.
Pratama, A., & Widodo, S. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Pokok Aksara Jawa Untuk Siswa Kelas IV SD N 1 Jemundo Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(1), 5.
Rhosalia, L. A., Sari, M. P., & Wiratsiwi, W. (2018). Respon Siswa Kelas Iv Sd Kecamatan Tuban Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Arawa Dalam Pembelajaran Membaca Aksara JAWA. Prosiding SNasPPM, 3(1), 104-108.
Septriani, C., Satinem, S., & Sofiarini, A. (2021). Penerapan Media Monopoli Terhadap Hasil Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Negeri 2 Lubuk Ngin. Primary Education Journal Silampari, 3(2), 38-45
Setiawan, E. (2020). Nilai Filosofi Wayang Kulit sebagai Media Dakwah. Al-Hikmah, 18(1), 33-50.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryani, E. (2022). Permainan Monopoli IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa SD. Penerbit Lakeisha.
Zahro, F. (2015). Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa untuk Pembelajaran Membaca Di Kelas IV SD N Lempuyangan 1 Yogyakarta. Basic Education, 4(15).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Cristian Aditya Tanwuijaya, Gamaliel Septian Airlanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work