PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SDN PASAREAN SUMEDANG

  • Heni Herawati SDN pasarean
  • Wawan Eka Setiawan STKIP Sebelas April Sumedang
Keywords: media gambar, hasil belajar, ilmu pengetahuan alam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk meningkatkan knilai pelajarajn Ilmu Pengetahuan Alam, guru harus merancang pembelajaran secara khusus, khususnya penerapan metode pembelajaran, untuk meningkatkan nilai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dan upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan media gambar. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang bercirikan siklus. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. jumlah mahasiswa yang menjadi subjek penelitian berjumlah 20 orang. Hasil observasi kegiatan pembelajaran siklus 1 hasil belajar menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil nilai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa materi rangka manusia. Hal ini terlihat dari hasil nilai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa dari rata-rata nilai data adalah 64, siklus I 74, dan siklus II 84. Dengan demikian penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada materi kerangka manusia.

References

Hikam, F. F., & Karima, S. (2020). Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 48-59.

Humardani, R. (2017). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Wankat & Oreovocz terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. bionature, 17(1).

Imamah, H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pbl Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(3), 290-296.

Kurnia, I. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 1 Karangmangu. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1).

Kusmanto, H. (2013). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Ciwaru Kab. Kuningan). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2).

Kusmaryono, I. (2020). Keefektifan pembelajaran kontekstual berorientasi penemuan berbantuan CD pembelajaran dan LKS pada materi bilangan bulat di sekolah dasar. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 50(126), 14-31.

Nurhaedah, N. (2012). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) dalam pembelajaran bagi guru-guru di SDN Inpres Bira 2 Bontoa Makassar. Publikasi Pendidikan, 2(2).

Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas IIA SDN 78 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252-266.

Rahmi, N. (2019). Profesionalisme Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 1-10.

Rustaman, Nuryani, dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siregar, R. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. SUARA GURU, 3(4), 715-722.

Sumantri, M., Nana Syaodih. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Universitas Terbuka.

Sukandi, A., & Maulana, P. (2020). Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi Dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran di SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2).

Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744-1748.

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(2), 122-127.

Welia, W. (2016). Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 2 Kota Bengkulu. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(2).

Yasri, B. (2017). Pengembangan Profesionalisme Widyaiswara Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 5(1).

Published
2020-12-03
How to Cite
Herawati, H., & Setiawan, W. E. (2020). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SDN PASAREAN SUMEDANG. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 585-591. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.612
Section
Articles