PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SAMALANTAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.593Abstract
Perkembangan teknologi informasi berkembang semakin cepat. Tidak terkecuali dalam ranah pendidikan, sekolah dalam hal ini adalah guru dituntut untuk selalu mengupdate diri agar mampu menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Ditambah lagi pada akhir tahun 2019, dunia dan Indonesia dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang membuat sekolah merombak sistem pembelajaran yang awalnya berada di kelas kemudian siswa diminta untuk belajar dari rumah. Kondisi tersebut membuat guru-guru harus berkreasi dalam menyajikan pembelajaran agar tetap menarik dan berkualitas. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penulis yaitu Kepala Sekolah SMAN 1 Samalantan melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) guna meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan media pembelajaran daring, yaitu aplikasi google classroom. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan aplikasi google classroom. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kepala Sekolah SMAN 1 Samalantan berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi google classroom pada pembelajaran.
Keywords:
google classroom, media pembelajaran, kompetensi guru, teacher competenceDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work