ANALISIS TOKOH DAN ASPEK SPIRITUAL QUOTIENT NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS

  • Masnuatul Hawa IKIP PGRI Bojonegoro
Keywords: analisis, novel, tokoh, spiritual quotient

Abstract

Novel merupakan karya sastra yang berisi kisah kehidupan para tokoh yang memuat nilai-nilai kehidupan manusia. Novel Hati Suhita adalah novel yang memiliki berbagai nilai dan pengajaran hidup. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menjelaskan tokoh dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan  aspek-aspek spiritual quotient (kecerdasan spiritual) yang terdapat dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan  strategi content analysis (analisis isi). Sumber data penelitian ini adalah novel Hati Suhita karya Khilma Anis dan buku-buku literature yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode telaah. Hasil penelitian adalah tokoh-tokoh yang terdapat dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis antara lain yaitu Alina Suhita, Gus Birru, Rengganis, dan kang Dharma. Aspek-aspek spiritual quotient (kecerdasan spiritual) yang terdapat dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis berdasarkan teori Zohar dan Marshal terdiri dari: kemampuan bersikap fleksibel, tingkat kesadaran diri yang tinggi, kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit, kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan misi, kecenderungan untuk bertanya dan mencari jawaban yang mendasar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa novel Hati Suhita karya Khilma Anis mengungkap kisah cerita tokoh utama dan beberapa tokoh tambahan, selain itu novel Hati Suhita juga memiliki 6 aspek spiritual quotient.

References

Book:
Ari Ginanjar Agustian. (2009). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ (Emosional Spiritual Quotient). Jakarta: Arga.
Agus Nggremento. (2002). Quantum Quotient. Bandung: Nuansa.
Burhan Nurgiyantoro. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Danah Zohar dan Ian Marshall. (2001). SQ, Spiritual Intelegence; The Ultimate Intelegence. London: Bloomsbury.
Jhon, M. Echols dan Hassan Shadily. (2005). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Khilma Anis. (2019). Hati Suhita. Ygyakarta: Telaga Aksara.
Renne Wellek, & Austin Warren. (2014) teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.
Yassin, H. B. (2010). Tifa Penyair dan Daerahnya. Jakarta: Pustaka Jaya.
Symposium, Proceeding, Conference:
Anto, P., dan Rahman, F. (2018). Jasus Bahasa: Suatu Metode Pembelajaran Bahasa Asing di Pesantren Modern (Representasi dalam Novel Berlatar Pondok Modern Gontor). In Pesona: Pekan Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, 1 (1), 21-23.
Published
2020-12-05
How to Cite
Hawa, M. (2020). ANALISIS TOKOH DAN ASPEK SPIRITUAL QUOTIENT NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 629-634. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.592
Section
Articles