Literasi Dasar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5866Abstract
Pendidikan dasar memegang peran penting dalam membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap dasar yang diperlukan dalam masyarakat. Salah satu aspek utama dalam pendidikan dasar adalah kemampuan membaca, yang bukan hanya sekadar keterampilan, tetapi juga landasan bagi siswa untuk efektif mengikuti pelajaran di sekolah. Namun, di Indonesia, minat baca siswa, terutama di tingkat sekolah dasar, masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan literasi dasar dengan minat baca siswa kelas IV di Sekolah Dasar Swasta ASDU Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Swasta ASDU sebanyak 41 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen pernyataan angket yang terdiri 22 soal literasi dasar dan 21 soal minat baca yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara literasi dasar dengan minat baca siswa kelas IV. Data dianalisis menggunakan metode korelasi, menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi dasar siswa, semakin tinggi minat baca mereka. Observasi juga mengungkapkan bahwa implementasi gerakan literasi dasar memainkan peran penting. Gerakan ini membantu membentuk kebiasaan membaca sejak dini dan memperkenalkan siswa pada kegiatan yang lebih produktif, membuka jalan bagi peningkatan minat baca.
Keywords:
Literasi Siswa, Minat Baca, Siswa SDDownloads
References
Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2021). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi probing-prompting bagi anak berkesulitan belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272-279.
Asyhad, M., & Handono, W. A. (2017). Urgensi Literasi Keuangan Syariah Pada Pendidikan Dasar. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 13(01), 126-143.
Artana, I. K. (2016). Upaya menumbuhkan minat baca pada anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1-13.
Imanugroho, S., & Ganggi, R. I. P. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Sdn Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 71-80.
Indani, N. (2019). Gerakan Literasi Sekolah SMA Negeri 10 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Nugraha, A. (2019). Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan Di Era Revolusi Indutri 4.0. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(1).
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.
Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151-174.
Siregar, D., & Herawati, J. (2023). Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Membaca Pendidikan Kristen Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3), 11573-11579.
Suastini, N. W., & Dwiyani, K. (2021). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Semarapura Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan dan Konseling: Kajian dan Aplikasi, 11(12), 23-29.
Telaumbanua, N. W. Y., & Harefa, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Persuasi Melalui Model Pembelajaran Means-Ends-Analysis. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 510-518.
Triastuti, I. R. R., Laksono, K., & Indarti, T. (2021). Pengembangan Buku Berjenjang Level B Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 9(1), 304-304.
Wardana, D. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Melalui Strategi Kwl (Know, Want, Learned) Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri Muncul 02.
Yuniati, Y., Yuningsih, A., & Ratmanto, T. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 7(2), 366-377.
Zianidar, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1365-1376.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nopika Ayu Lestari, Mawardi, Sunaryo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work