Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Deva Elfrisca Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Erdhita Oktrifianty Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5770

Abstract

Keterampilan berbicara menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai dan dimiliki oleh peserta didik. Dalam keadaan apapun keterampilan berbicara tidak dapat diabaikan begitu saja, karena berbicara merupakan keterampilan yang dibutuhkan setiap orang, serta merupakan bagian penting yang kompleks dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Negeri Pondok Bahar 3, (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan siswa berbicara dalam pembelajaran Tematik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek 27 siswa kelas V dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, Tes, dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui proses Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi dengan menggunakan tringulasi sumber sebagai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas V pada pembelajaran tematik dalam kategori cukup berdasarkan 5 aspek yang dinilai yaitu pelafalan, intonasi, kosakata/kalimat, hafalan, dan mimik/ekspresi. Menunjukan bahwa terdapat 2 siswa berkategori baik, 14 siswa berkategori cukup, dan 11 siswa berkategori kurang atau belum memenuhi aspek penilaian keterampilan berbicara. Sedangkan faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V dibagi menjadi dua yaitu faktor internal yakni kurangnya kepercayaan diri siswa, siswa merasa malu pada saat bebricara, kurangnya penguasaan bahasa siswa, dan kurangnya pengalaman siswa untuk berbicara di depan kelas sedangkan faktor internal yakni faktor guru, lingkungan sekolah, dan keluarga.

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Tematik, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 830
Downloads Count: 639

Published

2023-10-15

How to Cite

Elfrisca, D., Oktrifianty, E., & Fadhillah, D. (2023). Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1863–1868. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5770

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 66 67 68 69 70 71 

You may also start an advanced similarity search for this article.