Penerapan Model Pembelajaran Setara Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas 7 Paket B

Authors

  • Siti Nurfalah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthpi Saepuloh
  • Muhammad Thariq Aziz

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran SeTARA daring di SPNF SKB Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 13 siswa kelas VII Paket B di SPNF SKB Kabupaten Sukabumi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar setelah penerapan metode SeTARA daring. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat dari 60 menjadi 70, sementara pada siklus II meningkat lebih lanjut menjadi 80. Selain itu, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 40% pada kondisi awal menjadi 85% pada siklus II. Penerapan metode ini juga meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi dan kualitas proyek berbasis TIK yang mereka hasilkan. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SeTARA daring dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di pendidikan nonformal. Bagi pendidik, model ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran daring, sedangkan bagi pembuat kebijakan, temuan ini dapat menjadi dasar dalam mengembangkan strategi pendidikan berbasis teknologi yang lebih inklusif. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menguji model ini dalam skala yang lebih luas dan pada mata pelajaran lain untuk memperoleh hasil yang lebih komprehensif.

Keywords:

Pembelajaran Setara Daring, Hasil Belajar, Mata Pelajaran TIK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arum, Eka Fitri, Zuhri, and Rini Dian Anggraini. 2019. “Implementation of Discovery Learning Model To Improve Student’S Mathematics Learning Achievement At Class Xi Science 2 Sma Negeri 1 Tempuling.” Jom Fkip – Ur 6(1): 1–13.

Asrori, & Rusman. (2020). Pena Persada Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications.

Lestari, N. (2023). Pendidikan Nonformal dan Transformasi Digital: Tantangan dan Peluang. Jakarta: Pustaka Akademika.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Mustafa, Pinton Setya, M.Pd. Et Al. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga.

Piaget, J. (1970). Genetic Epistemology. New York: Columbia University Press.

Rahman, A. (2021). E-learning dalam Pendidikan Kesetaraan: Studi Implementasi di Berbagai Lembaga Nonformal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiawan, D. (2022). Pembelajaran Daring dan Kesetaraan Pendidikan: Sebuah Tinjauan Konseptual. Bandung: CV. EduTech.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Warschauer, M. (2003). Technology and Social Inclusion: Rethinking the Digital Divide. Cambridge, MA: MIT Press.

Yusuf, M., & Rahmawati, S. (2023). Model Pembelajaran Daring dalam Pendidikan Nonformal: Studi Kasus di Indonesia. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Downloads

Abstract Views : 11
Downloads Count: 2

Published

2025-04-04

How to Cite

Nurfalah, S., Saepuloh, L., & Aziz, M. T. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Setara Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas 7 Paket B. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12707

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.