PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 PALIMANAN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.525Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran Card Sort. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menentukan persentase ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dan rata-rata hasil belajar IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Palimanan pada mata pelajaran IPA materi getaran dan gelombang.
Keywords:
hasil belajar, card sort, IPA, getaran dan gelombangDownloads
References
Aminah, H. S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Progresif, 7(2), 93-100.
Endah, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 96-104.
Fatimah, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Online, 5(4).
Jannah, M., & Zulhariadi, M. (2017). Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Gerak Pada Manusia Mata Pelajaran IPA MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains (PENBIOS), 2(1), 17-24.
Mahpudin, (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 1-8. doi:http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1029
Murti, A. K., Saputra, H. J., & Huda, C. (2018). Penerapan Strategi Card Sort Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber-Sumber Energi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II di SDN Brumbungan Semarang. In Prosiding Seminar Nasional HIMA dan PRODI PGSD 2017.
Nugralia, S., Habudin, H., & Juhji, J. (2019). Pengaruh penggunaan strategi card sort terhadap hasil belajar ipa materi sumber energi (pre eksperimen siswa Kelas IV SD Negeri Kemang Kota Serang). Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 6(01), 79-94.
Nurjanah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 6(2).
Nahdi, D. S., Yonanda, D., & Agustin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16. doi:http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Nahdi, D. S., Ansori, Y. Z., & Khaerunisa, D. (2020). Efektivitas Model Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).
Rosida, R., & Zainuddin, H. (2013). Peningkatan Hasil Belajar dengan Strategi Card Sort Pelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Segedong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4), 1-14.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, I. K., Renda, N. T., & Riastini, P. N. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3).
Saraswati, D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(2).
Silberman, Mel. (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Isnan Madani.
Sholikati, F., Santosa, S., & Ariyanto, J. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Disertai Mind Mapping Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Banyudono Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 84-89.
Susanti, P. D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Uno, B H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Cetakan-3. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work