PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 PALIMANAN CIREBON

  • Idah Susanti SMPN 2 Palimanan Cirebon
Keywords: hasil belajar, card sort, IPA, getaran dan gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran Card Sort. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menentukan persentase  ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dan rata-rata hasil belajar  IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Palimanan pada mata pelajaran IPA materi getaran dan gelombang.

References

Ambarini, N., Rosyidi, A., & Ariyanto, J. (2010). Penerapan Pembelajaran Aktif Card Sort Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pembelajaran Biologi, 1(1), 1-17.
Aminah, H. S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Progresif, 7(2), 93-100.
Endah, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 96-104.
Fatimah, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Online, 5(4).
Jannah, M., & Zulhariadi, M. (2017). Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Gerak Pada Manusia Mata Pelajaran IPA MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains (PENBIOS), 2(1), 17-24.
Mahpudin, (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 1-8. doi:http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1029
Murti, A. K., Saputra, H. J., & Huda, C. (2018). Penerapan Strategi Card Sort Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber-Sumber Energi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II di SDN Brumbungan Semarang. In Prosiding Seminar Nasional HIMA dan PRODI PGSD 2017.
Nugralia, S., Habudin, H., & Juhji, J. (2019). Pengaruh penggunaan strategi card sort terhadap hasil belajar ipa materi sumber energi (pre eksperimen siswa Kelas IV SD Negeri Kemang Kota Serang). Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 6(01), 79-94.
Nurjanah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 6(2).
Nahdi, D. S., Yonanda, D., & Agustin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16. doi:http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Nahdi, D. S., Ansori, Y. Z., & Khaerunisa, D. (2020). Efektivitas Model Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).
Rosida, R., & Zainuddin, H. (2013). Peningkatan Hasil Belajar dengan Strategi Card Sort Pelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Segedong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4), 1-14.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, I. K., Renda, N. T., & Riastini, P. N. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3).
Saraswati, D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(2).
Silberman, Mel. (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Isnan Madani.
Sholikati, F., Santosa, S., & Ariyanto, J. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Disertai Mind Mapping Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Banyudono Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 84-89.
Susanti, P. D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Uno, B H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Cetakan-3. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2020-12-01
How to Cite
Susanti, I. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 PALIMANAN CIREBON. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 516-522. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.525
Section
Articles