Konstruksi Karakter Disiplin Siswa melalui Kelas Unggulan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4627Abstract
Penelitian dilaksanakan untuk memberikan deskripsi tentang konstruksi karakter disiplin siswa melalui kelas unggulan tahfidzul qur’an (UTQ) di Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan informasi dan data dilakukan menggunakan teknik wawancara bersama dengan Bapak Zakaria selaku kepala sekolah, Ibu Muhimmatul Aliya sebagai wali kelas 5-I unggulan tahfidzul qur’an (UTQ) di MI At-Taqwa. Kemudian peneliti melakukan observasi dan pengambilan dokumentasi dimana siswa sebagai subjeknya . Hasil kajian menunjukkan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, beberapa sikap, sifat, moral, dan akhlak seorang siswa semakin menurun.Oleh karena itu, pembentukan karakter sebaiknya dimulai sejak usia dini, mengingat Madrasah Ibtidaiyah merupakan tempat yang paling efektif untuk awal pembentukan karakter siswa, sebab diusia ini mereka memiliki memori yang kuat untuk mengingat segala hal yang dibaca dan dihafalkannya. Dengan menghafal Al-Qur’an karakter yang terbentuk dalam diri siswa yakni karakter disiplin.
Keywords:
konstruksi, menghafal Al-Qur’an, karakter disiplinDownloads
References
Aini, S. Q., & Syamwil, F. (2020). Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru di Sekolah. MANAGERE, 2(2), 149–156.
Alfaridzi, M. A., Jafitri, K., & Purwanti, O. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Siswa Melalui Kegiatan Tahsin Tahfidzul Quran Dengan Metode Tsaqifa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.23917/bppp.v1i1.9791
Andayani, A., & Dahlan, Z. (2022). Konstruksi Karakter Siswa Via pembiasaan Sholat Dhuha. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 99–112.
Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120
Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267–277.
Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendididkan, 3(6), 3675–3688.
Kanza, A. M., Utami, I., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 158–179.
Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14.
Muchlis, Z., & Fathurrahman, A. (2022). Membangun Karakter Islami Melalui Rumah Tahfiz Hidayatul Quran Notoprajan. Webinar AbdiMas, 389–398. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/ppm.52.1039
Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud ( Telaah Pemikiran atas Kemendikbud ). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.
Muhlisin, M., & Nurhidin, E. (2020). Konstruksi Kedisiplinan melalui Habituasi Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus di SMP Al-Ikhlas Tarokan Kediri). Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(2), 236–251.
Nafliani, A., Ansari, M. I., Barsihanor, & Kumala, S. (2021). Hubungan Hafalan Al- Qur’an Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika DI SDTQ-T An Najah Cindai Alus Martapura. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), 53–62.
Nurhidayati, I. (2022). Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di MI Muhammadiyah Karangwuni Polokarto. Mamba’ul ’Ulum, 18(2), 192–201.
Pangatin, S., & Merdekasari, A. (2020). Regulasi Diri Anak Penghafal Al- Qur ’ an. Jurnal Studia Insania, 8(1), 23–42. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i1.3573
Prasetyo, D., Riyanti, D., & Marzuki. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Harmony, 4(1), 19–32.
Rahmayani, P., Saleh, M., & Fauzan, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Teladan Gebang. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 201–208.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052.
Soleh, H., Murtafiah, N. H., & Tamyis. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Pada Program Khusus di Madrasah Aliyah Swasta Darul uffaz. JIEL, 2(2), 21–39.
Sulastini, F., & Zamili, M. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur ’ an Dalam Pengembangan Karakter Qur ’ ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166
Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al Qur’an Siswa di LPTQ Kabpaten Siak. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5281
Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Zakaria, F., & Hadi Wiyono, A. (2019). Pengaruh Menghafal Al Qur’an Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa. Samawat, 03(1), 79–91.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Mushfi El Iq Bali, Siti Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work