Pengaruh Latihan Variasi Terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Pemula
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4562Abstract
Model latihan masih belum variatif dan rendahnya hasil tes renang gaya bebas. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Latihan Variasi Terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Pemula. Metode yang digunakan adalah eksperimen, desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian 10 atlet pemula, teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh, dan Sampel penelitian dengan jumlah 10 atlet pemula. Instrumen menggunakan tes rubrik penilaian keterampilan renang gaya bebas yang dilakukan pada tes awal dan akhir. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan SPSS 25. Adapun hasil latihan variasi dapat dibuktikan pada hasil rata-rata pada tes awal Hasil tes renang gaya bebas sebelum menggunakan metode latihan variasi rata-rata nilai keseluruhan yang dicapai atlet pemula sebelum perlakuan yaitu 11,10 dan setelah diberikan perlakuan adanya peningkatkan kemampuan rata-rata renang gaya bebas pada tes akhir yaitu 13 atau mengalami peningkatan rata-rata 1,90. Berdasarkan hasil ansliss data, maka dapat disimpulkan bahwa metode latihan variasiberpengaruh signifikan terhadap keterampilan renang gaya bebas pada atlet pemula. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dalam upaya meningkatkan hasil latihan keterampilan renang gaya bebas dan bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan metode latihan variasi.
Keywords:
latihan variasi, keterampilan, renang gaya bebasDownloads
References
Ambarukmi, D. A. dkk. (2007). Pelatihan Pelatih Fisik Level I. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga. Kemenpora.
Arhesa, S. (2019) ‘Pengaruh latihan push-up dan squat-jump terhadap kecepatan renang gaya bebas pada atlet arhesa swimming club’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, pp. 1025–1029.
Arhesa, S. (2020) Buku jago renang untuk pemula. 1st edn. Tangerang Selatan: Cemerlang.
Arhesa, S. and Badriah, D.L. (2021) ‘Aquatic training with play methods in improving swimming skills in preschool children’, International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), pp. 106–111. Available at: https://doi.org/10.13189/saj.2021.091318.
Bompa, T. O. (2003). Serious Strength Training. Champaign, www.humankinetics.com
Budiwanto, S. (2013). Metodologi Latihan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang (UM press).
Harsono. (2015). Latihan Kondisi Fisik Untuk Atlet Sehat Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Irawadi, H. (2011). Kondisi Fisik dan Pengukurannya. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.
Tangkudung, J. (2006). Kepelatihan Olahraga “Pembinaan Prestasi Olahraga”. Jakarta: Cerdas Jaya
Lutan, R. (2003). Hakekat dan Karekteristik Penjaskes Dalam Kurikulum. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas.
Mylsidayu dan Kurniawan, F. (2015). Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung. Alfabeta.
Rendiyanto, N. (2020). Pengaruh Latihan Sculling High Elbow Terhadap Teknik Renang Gaya Bebas Atlet Ku 4 HA Aquatic Surabaya. Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya
Sembiring, dkk. (2022). Pengaruh Variasi Latihan Resistance Band Terhadap Kekuatan Otot Lengan Pada atlet Renang Putra Usia 12-13 Tahun Sailfish Swimming Club Medan Tahun 2021, Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 21 (1), Januari – Juli 2022: 65 – 73.
Setiawan, T. (2004). Renang Dasar I. Semarang: FIK Universitas Negeri Semarang.
Subagyo, (2018). Belajar Berenang Bagi Pemula. Yogyakarta: LPPMP UNY.
Syafruddin. (2013). Ilmu Kepelatihan Olahraga Teori dan Aplikasinya Dalam Pembinaan Latihan. Padang: UNP Press Padang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Een Nur’aeni, Endi Rustandi , Sandra Arhesa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work