KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.344Abstract
Peningkatan kualitas tenaga pendidik merupakan salah satu masalah penting dan dianggap perlu untuk mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius dari berbagai pihak yang terkait. Hal ini berhubungan erat dengan kepemimpinan dan manajemen sekolah. Keberhasilan institusi pendidikan dalam menjalankan program yang telah direncanakan perlu didukung dengan sebuah kepemimpinan kepala sekolah, mengingat kepemimpinan merupakan motor penggerak bagi sumber daya yang dimiliki oleh lembaga. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dalam upaya meningkatkan kualitas kerja tenaga pendidik yang ada di SMK Al Tafaqquh Fiddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mendeskripsikan tentang peranan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, strategi kepala sekolah SMK Al Tafaqquh Fiddin Majalengka dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik adalah dengan melakukan strategi kolaboratif. Artinya memandang dan memperhatikan terhadap perilaku pribadinya dan situasi atau keadaan para tenaga pendidik, mendengarkan ide dan saran dari para tenaga pendidik, menyelesaikan dan mengklarifikasi kesalahan pada pribadi kepala sekolah dan kesalahan tenaga pendidik, mengemukakan keinginan, memberikan masukan dan berusaha memecahkan masalah tenaga pendidik, membagi tugas secara bersama, memberikan teladan, bertindak sesuai dengan kemampuan tenaga pendidik, memberikan perhatian yang lebih terhadap yang rajin.
Keywords:
kepemimpinan, strategi kepala sekolah, kualitas tenaga pendidikDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work