PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.285Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metode diskusi. Metode ini dilaksanakan melalui diskusi kelompok kecil dengan mengelompokkan siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai di mana siswa yang pandai menjadi tutor sebaya bagi siswa yang kurang pandai. Melalui metode pembelajaran ini diharapkan kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan dapat meningkat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa Kelas II SD Negeri 1 Pamulihan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan.
Keywords:
metode diskusi, hasil belajar, matematika, penjumlahan dan penguranganDownloads
References
Anggrani, A.F. (2013). Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 Pada Materi Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pemerintah Di Bidang Ekonomi Di Sma Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (3).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kasbolah, K. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang; Depdikbud.
Maskilah, I. (2016). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Pembelajaran Peninggalan Sejarah Hindu Di Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Tahun 2014-2015. Jurnal Lensa Pendas, 1(1), 53-61.
Nahdi, D.S. (2019). Efektivitas Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 5(1). 11-22.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding And Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037
Sholihah, D.A. & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (2), 175-185.
Siagian, M.D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2 (1), 58-67.
Suherman. E. (2001).Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Sumiati, dan Asra. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Sutjipto. (2005). Apa yang Salah dengan Matematika. Buletin Puspendik, 2(1). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian Pendidikan DEPDIKNAS.
Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yuhasriati. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1 (1), 81-87.
Yuleha, W & Rusdi, A. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Air Sugihan Ogan Komering Ilir. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(2), 107-124.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work