PENERAPAN METODE KOMBINASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI SENAM LANTAI

  • Rosidi SMPN 2 Jamblang
Keywords: metode kombinasi, pendidikan jasmani, senam lantai

Abstract

Senam Lantai merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmanai Olahraga dan Rekreasi yang diberlakukan  di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan observasi yang dilakukan diperoleh temuan bahwa pembelajaran senam lantai belum berjalan dengan maksimal sehingga berdampak pada beberapa siswa kurang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkann. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada  pembelajaran senam lantai melalui metode kombinasi pada siswa kelas IXB di SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif sedangkan rencana yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kombinasi. Dengan demikian dapat disimpulkan metode pembelajaran kombinasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran senam lantai.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Indonesia, M. P. dan K. R. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. , Kemendikbud § (2014).

Irwanto, E. (2016). Metode Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 102–118.

Magill, R. A. (1998). Motor learning: Concepts and applications. In Dubuque.

Mahendra, A. (2001). Pembelajaran Senam Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.

Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Peraturan Permainan Dan Menggunakan Media Video Di SMK Negeri 1 Sedan Tahun Ajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2), 1613–1620. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Oksyalia, D., Suntoda, A., Mahendra, A., & Hidayat, A. (2018). Upaya Meningkatkan Gerakan Meroda Menggunakan Pola Gerak Dominan dalam Pembelajaran Senam Lantai. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i1.13777

Utomo, G. (2017). Penerapan Permainan Kecil Dalam Pemanasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Pada Permainan Bola Tangan Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi 1 Di Smk Prapanca 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 430–433.

Supandi. (2001). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2020-06-03
How to Cite
Rosidi. (2020). PENERAPAN METODE KOMBINASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI SENAM LANTAI . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 106-111. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.282