PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK KURIKULUM 2013 BERBASIS KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.274Abstract
Penelitian ini merupakan Research and Development. Penelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan produk berupa sebuah LKPD Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain; 1) Menghasilkan LKPD Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar, 2) Mengetahui validasi pakar terhadap kelayakan LKPD Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar, 3) Mengetahui respon guru terhadap LKPD Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar, 4) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar. Langkah-langkah penelitian mengacu pada model 4-D yaitu Tahap Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, Penyebaran. Menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Bentuk pengembangan bahan ajar yaitu dihasilkan berupa LKPD yang telah diuji cobakan secara terbatas pada kelas IV Sekolah Dasar. Hasil validasi LKPD bahwa LKPD mendapatkan kriteria “sangat baik” (4,43), hasil respon guru terhadap penggunaan LKPD pada saat melaksanakan pembelajaran mendapatkan kriteria “sangat baik” (4,9), dan hasil respon peserta didik setelah dilaksanakan uji coba secara terbatas mendapatkan kriteria “sangat baik” (4,68). Pengembangan bahan ajar LKPD untuk penelitian selanjutnya mencakup beberapa soal dalam satu tema dan menggunakan model pembelajaran Think Pair Square.
Keywords:
Bahan Ajar, LKPD, Model Think Pair SquareDownloads
References
Ambarita, A. (2018). Developing Worksheet Based on Multiple Intelligences to Optimize the Creative Thinking Students. International Journal of African and Asian Studies, 47, 1-6.
Dakir. (2010). Perencanaan & Pengembangan Kurikulum. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Eka, N dan Muhammad. (2017). Pengembangan LKPD Tematik-Integratif Berbasis Karakter pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (3), 62-68.
Faridhoh, L dan Ali. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis Karakter pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (5), 76-80.
Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Permendikbud No. 67 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum SD/MI. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prasinta, D. (2018). Development of Inquiry Model Worksheet For 4th Grader Elementary School Students. Journal IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR- JRME), 8, 50-57.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Yaqin, M., A, dkk. (2018). Think-Pair-Square Learning: improving student’s collaborative skills and cognitive learning outcome on animal diversity course. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (Indonesia Journal of Biology Education). 4 (2), 135-142
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work