Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1485Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Alam (IPA). Upaya yang dilakukan untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas V SD Al-Madina Tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ialah kelas VB berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif dan kelas VA berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes. Analisis data menggunakan uji perbandingan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes setelah pembelajaran menerapkan model learning cycle 5E lebih baik dibanding hasil test sebelumnya. Dari hasil tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa.
Keywords:
model learning cycle 5E., powerpoint interaktif., hasil belajar siswa., zat tunggal dan campuran.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work