Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA

  • Eling Wulandari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: model learning cycle 5E., powerpoint interaktif., hasil belajar siswa., zat tunggal dan campuran.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Alam (IPA). Upaya yang dilakukan untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas V SD Al-Madina Tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ialah kelas VB berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif dan kelas VA berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes. Analisis data menggunakan uji perbandingan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes setelah pembelajaran menerapkan model learning cycle 5E lebih baik dibanding hasil test sebelumnya. Dari hasil tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-22
How to Cite
Wulandari, E., Ratnaningsih, A., & Pangestika, R. R. (2022). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 34-39. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1485
Section
Articles