Model Read, Answer, Discuss, Explain, and Create untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Chika Chelita Chairunnisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prihantini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Rendi Restiana Sukardi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1819

Abstract

Latar belakang dilaksanakan penelitian ini adalah masih banyak guru yang merasa kesulitan menjabarkan sintaks model pembelajaran yang ada dan masalah kebingungan guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) untuk meningkatkan hasil belajar materi IPS siswa kelas IV SDN Kalimulya 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi dan tes lembar evaluasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model RADEC sebesar 46%, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 69% Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 91% sehingga dapat disimpulkan bahwa Model RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV di SDN Kalimulya 1 dan menjadi salah satu alternatif model yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Kelebihan model ini yaitu dapat menjadi solusi dari masalah rendahnya minat membaca siswa dan meningkatkan keaktifan serta kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi lisan atau tulisan.

Keywords:

Model Pembelajaran RADEC, Hasil Belajar IPS, Pembelajaran Daring

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Chika Chelita Chairunnisa, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Prihantini, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rendi Restiana Sukardi, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Arikunto, S, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Chairunnisa, Chika Chelita, Jihan Fauziah Az-zahra, Tuti Istianti, dan M. Husen Arifin. 2021. “Analisis Materi IPS Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan dengan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5:9072–79.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. 2014. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V.” Jurnal Penndidikan Dasar 1(9):1–11. doi: doi.org/10.21009/JPD.091.01.

Handayani, H., W. Sopandi, E. Syaodih, I. Suhendra, dan N. Hermita. 2019. “RADEC: An Alternative Learning of Higher Order Thinking Skills (HOTs) Students of Elementary School on Water Cycle.” Journal of Physics: Conference Series 1351(1). doi: 10.1088/1742-6596/1351/1/012074.

OECD. 2019. “Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018.” Oecd 1–10.

Pratama, Yoga Adi, Wahyu Sopandi, Yayuk Hidayah, dan Meiwatizal Trihatusti. 2020. “Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 6(2):191–203. doi: 10.22219/jinop.v6i2.12653.

Prayogi, Rayinda Dwi, dan Rio Estetika. 2019. “Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 14(2):144–51. doi: 10.23917/jmp.v14i2.9486.

Prihantini. 2021. Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmia Tulljanah, Risda Amini. 2021. “Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review.” Jurnal Basicedu 5(6):5508–19.

Setiawan, D., W. Sopandi, dan T. Hartati. 2020. “The influence of read, answer, disscuss, explain, and create (RADEC) learning model on the concept mastery of elementary school students on the water cycle topic.” Journal of Physics: Conference Series 1521(4). doi: 10.1088/1742-6596/1521/4/042113.

Sopandi, Wahyu. 2017. “The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation.” Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education 8(229):132–39.

Tembang, Y., Sulton., Suharjo. 2017. “Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2, no(1 Jun. 2017):812–17. doi: 10.17977/jptpp.v2i6.9402.

Downloads

Abstract Views : 1237
Downloads Count: 2111

Published

2022-02-09

How to Cite

Chairunnisa, C. C., Prihantini, & Sukardi, R. R. (2022). Model Read, Answer, Discuss, Explain, and Create untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 151–156. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1819

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.