Model Read, Answer, Discuss, Explain, and Create untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1819Abstract
Latar belakang dilaksanakan penelitian ini adalah masih banyak guru yang merasa kesulitan menjabarkan sintaks model pembelajaran yang ada dan masalah kebingungan guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) untuk meningkatkan hasil belajar materi IPS siswa kelas IV SDN Kalimulya 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi dan tes lembar evaluasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model RADEC sebesar 46%, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 69% Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 91% sehingga dapat disimpulkan bahwa Model RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV di SDN Kalimulya 1 dan menjadi salah satu alternatif model yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Kelebihan model ini yaitu dapat menjadi solusi dari masalah rendahnya minat membaca siswa dan meningkatkan keaktifan serta kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi lisan atau tulisan.
Keywords:
Model Pembelajaran RADEC, Hasil Belajar IPS, Pembelajaran DaringDownloads
References
Chairunnisa, Chika Chelita, Jihan Fauziah Az-zahra, Tuti Istianti, dan M. Husen Arifin. 2021. “Analisis Materi IPS Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan dengan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5:9072–79.
Fanani, A., & Kusmaharti, D. 2014. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V.” Jurnal Penndidikan Dasar 1(9):1–11. doi: doi.org/10.21009/JPD.091.01.
Handayani, H., W. Sopandi, E. Syaodih, I. Suhendra, dan N. Hermita. 2019. “RADEC: An Alternative Learning of Higher Order Thinking Skills (HOTs) Students of Elementary School on Water Cycle.” Journal of Physics: Conference Series 1351(1). doi: 10.1088/1742-6596/1351/1/012074.
OECD. 2019. “Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018.” Oecd 1–10.
Pratama, Yoga Adi, Wahyu Sopandi, Yayuk Hidayah, dan Meiwatizal Trihatusti. 2020. “Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 6(2):191–203. doi: 10.22219/jinop.v6i2.12653.
Prayogi, Rayinda Dwi, dan Rio Estetika. 2019. “Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 14(2):144–51. doi: 10.23917/jmp.v14i2.9486.
Prihantini. 2021. Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmia Tulljanah, Risda Amini. 2021. “Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review.” Jurnal Basicedu 5(6):5508–19.
Setiawan, D., W. Sopandi, dan T. Hartati. 2020. “The influence of read, answer, disscuss, explain, and create (RADEC) learning model on the concept mastery of elementary school students on the water cycle topic.” Journal of Physics: Conference Series 1521(4). doi: 10.1088/1742-6596/1521/4/042113.
Sopandi, Wahyu. 2017. “The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation.” Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education 8(229):132–39.
Tembang, Y., Sulton., Suharjo. 2017. “Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2, no(1 Jun. 2017):812–17. doi: 10.17977/jptpp.v2i6.9402.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work