Pengembangan Media Perel (Peta Relief) Pada Materi Karakteristik Geografis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas V

  • Dini Nabilla Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Dyah Ayu Pramoda Wardhani Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: Media PEREL, hasil belajar kognitif

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN Putat Lor 1 Gondanglegi. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yaitu keterbatasan ketersediaan media pembelajaran yang disajikan sehingga sebagian besar materi ditransformasikan melalui buku pegangan siswa (tematik). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran PEREL (Peta Relief) yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD (Research and Development). Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran PEREL (Peta Relief). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Putat Lor 1 yang berjumlah 19 siswa. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PEREL layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 87% dengan kriteria sangat layak, respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar mendapat presentase sebesar 82% dan 80,5% dengan kriteria layak. Persentase peningkatan hasil belajar siswa menggunakan perhitungan klasikal pada kelompok kecil sebesar 80%, pada kelompok besar sebesar 74%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa media PEREL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-13
How to Cite
Nabilla, D., & Wardhani, D. A. P. (2021). Pengembangan Media Perel (Peta Relief) Pada Materi Karakteristik Geografis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas V . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2050 -2057. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1688