Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode SQ3R pada Siswa Kelas VI

Authors

  • Nyariatun SDN 4 Kutukan Randublatung Blora

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1549

Keywords:

metode SQ3R, kemampuan membaca cepat, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kemampuan membaca cepat dengan metode SQ3R pada siswa kelas VI SDN 4 Kutukan Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VI SDN 4 Kutukan Randublatung Blora. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan kualitas proses dan kualitas pembelajaran membaca cepat. Peningkatan kualitas proses terefleksi dari keaktifan siswa dalam mengikuti apersepsi, perhatian, serta minat dan motivasi. Ketuntasan siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan perkembangan dari prasiklus 52,6%, pada siklus I menjadi 68% pada siklus II 84,2%. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas VI SDN 4 Kutukan Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-08

How to Cite

Nyariatun, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode SQ3R pada Siswa Kelas VI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1607–1612. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1549