Peningkatan Kemampuan Membaca dalam Menemukan Informasi Penting dari Buku Melalui Metode Latihan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1538Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran latihan dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam menemukan informasi penting dari buku pada siswa kelas VI di SDN 3 Wado Kedungtuban Blora. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam menentukan informasi penting dari buku dengan menggunakan metode latihan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 16 orang. Lokasi penelitian adalah di SDN 3 Wado Kedungtuban Blora. Tekhnik pengumpulan datanya dengan observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pembelajaran dengan metode latihan telah mampu meningkatkan kemampuan membaca dalam menemukan informasi penting dari buku. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pada siklus I yang belum tuntas belajar adalah 7 orang atau 43,8%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang belum tuntas belajar adalah 2 siswa atau 18,8%. Sedangkan siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 9 siswa atau 56,2%, sedangkan pada siklus II sebanyak 13 siswa atau 81,2%.
Keywords:
kemampuan, membaca, informasi, metode latihanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work