Peningkatan Kemampuan Membaca dalam Menemukan Informasi Penting dari Buku Melalui Metode Latihan

Authors

  • Budi Utomo SDN 3 Wado Kedungtuban Blora

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1538

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran latihan dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam menemukan informasi penting dari buku pada siswa kelas VI di SDN 3 Wado Kedungtuban Blora. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam menentukan informasi penting dari buku dengan menggunakan metode latihan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 16 orang. Lokasi penelitian adalah di SDN 3 Wado Kedungtuban Blora. Tekhnik pengumpulan datanya dengan observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pembelajaran dengan metode latihan telah mampu meningkatkan kemampuan membaca dalam menemukan informasi penting dari buku. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pada siklus I yang belum tuntas belajar adalah 7 orang atau 43,8%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang belum tuntas belajar adalah 2 siswa atau 18,8%. Sedangkan siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 9 siswa atau 56,2%, sedangkan pada siklus II sebanyak 13 siswa atau 81,2%.

Keywords:

kemampuan, membaca, informasi, metode latihan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 715
Downloads Count: 481

Published

2021-10-07

How to Cite

Utomo, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca dalam Menemukan Informasi Penting dari Buku Melalui Metode Latihan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1532–1537. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1538

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.