Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Kosa Kata Berkaitan Peristiwa Siang dan Malam

Authors

  • Widyoningsih SDN 2 Kragan Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1518

Keywords:

metode, demonstrasi, kosa kata, siang dan malam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan kosa kata berkaitan peristiwa siang dan malam dengan metode demonstrasi di kelas I SDN 2 Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas I SDN 2 Kragan Rembang. Objek penelitian ini kegiatan proses pembelajaran kemampuan menentukan kosa kata berkaitan peristiwa siang dan malam pada siswa kelas I SDN 2 Kragan Rembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang tinggi, itu terlihat dari ketika kondisi awal pra siklus siswa yang tuntas hanya 44% menjadi 90% ketika pembelajaran siklus II. Selain dari data hasil belajar, hal ini terlihat juga dari catatan lapangan. Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Siswa terlihat lebih aktif dan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media koran. Simpulan penelitian menunjukkan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menentukan kosa kata berkaitan peristiwa siang dan malam pada siswa kelas I SDN 2 Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Widyoningsih, W. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Kosa Kata Berkaitan Peristiwa Siang dan Malam. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1440–1446. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1518