Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa SDN Pacing

Authors

  • Adi Triyono SDN Pacing Sedan, Kabupaten Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1464

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research). Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data penelitian menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Objek penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus I, peningkatan kelulusan sesuai dengan KKM menjadi 70,74% dan pada siklus ke II terjadi peningkatan 75% sehingga siswa dinyatakan tuntas. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas IV SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode, demonstrasi, membaca, puisi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 732
Downloads Count: 631

Published

2021-10-07

How to Cite

Triyono, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa SDN Pacing. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1344–1349. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1464

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.