Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa SDN Pacing
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1464Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research). Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data penelitian menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Objek penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus I, peningkatan kelulusan sesuai dengan KKM menjadi 70,74% dan pada siklus ke II terjadi peningkatan 75% sehingga siswa dinyatakan tuntas. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas IV SDN Pacing Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode, demonstrasi, membaca, puisiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work