Pengembangan Media Petualangan Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Datar di SD

Authors

  • Ribka Yulista Devi Purnamasari Universitas Kristen satya Wacana
  • Wahyudi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1376

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media game petualangan matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas IV SD Negeri 3 Jepon. Metode penelitian dengan R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan ASSURE yang memiliki 6 tahapan yaitu Analyze Learners,2) State Objectives,3) Select Methods, Media and Materials,4) Utilize Media and Materials,5) Require Learner Participation, 6) Evaluate and Revise. untuk mengetahui kevalidan media ini dilakukan uji pakar media dan uji pakar materi. sedangkan kepraktian dari media ini dilakukan uji coba terbatas yaitu 8 peserta didik yang kemudian diberikan angket, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media game petualangan matematika yang dikembangkan. Media game petualangan matematika terbukti valid. Hal ini terbukti melalui hasil persentase yang mencapai untuk uji pakar materi 93,3%, sedangkan uji pakar media mendapatkan 90,6%. Selain valid, media game petualangan matematika juga terbukti praktis. Hal ini terbukti berdasarkan hasil angket respon dari peserta didik dengan jumlah 8 peserta didik dan hasil persentase mencapai 91,5% dikategorikan sangat baik.

Keywords:

media pembelajaran, pembelajaran matematika, pemecahan masalah matematika SD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64-74.
Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62-72.
Wulandari, A. N., & Mawardi, K. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 10-17.
Sari, D. F. (2020). Pengembangan Media Petualangan Matematika (Petamatika) Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).
Https://Silabus.Org/Macam-Macam-Media-Pembelajaran/ .Diakses Pada 24 Oktober 2016
Nurlaela, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Saputra, R. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sdn Gisikdrono 03 Kota Semarang (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19-28.
Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilanpemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education), 7(2), 91-100.
Sejati, K. A. P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Pc Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 602-614.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.
U, Hasana & Kustijono. (2019). Kefektifan Media Mobile Pocket Book Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Surabaya).
Fitriani,Kaerika & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik, 3(1), 40-52.
Ambarwati, M. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Sd. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2).
Permananda, T. P. (2020). Efektivitas Media Board Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 5(1), 18-24.
Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Polya, G. (1973). How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
Hudoyo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: Fakultas Mipa Universitas Negri Malang.

Downloads

Abstract Views : 1150
Downloads Count: 954

Published

2021-08-18

How to Cite

Purnamasari, R. Y. D. ., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Media Petualangan Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Datar di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1120–1126. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1376

Similar Articles

<< < 52 53 54 55 56 57 58 59 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.