Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rendi Wisnu Anggara SDN Mlati Kedungpring Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1331

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan hasil belajar membaca puisi dengan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Mlati Tenggerejo Kedungpring Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian  ini siswa kelas IV SDN Mlati Tenggerejo Kedungpring Lamongan sejumlah 28 orang dengan rincian 8 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan  data dengan  observasi, dokumentasi dan  tes. Teknik analisis data dengan triangulasi data. Hasil analisis data menunjukkan kegiatan pembelajaran membacaa puisi selama proses pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan hasil belajar membaca puisi dengan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 68,10 meningkat pada siklus 1 sebesar 77,14 dan pada akhir siklus 2 meningkat menjadi sebesar 82,86. Prosentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 53,57% pada siklus 1 menjadi 89,29% pada siklus 2. Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar membaca puisi pada siswa kelas IV SDN Mlati Tenggerejo Kedungpring Lamongan.

Keywords:

metode demonstrasi, kemampuan, membaca puisi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 2660
Downloads Count: 2475

Published

2021-08-08

How to Cite

Anggara, R. W. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1012–1018. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1331

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.