Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Melalui Realistic Matematika Education (RME)

Authors

  • Nur Hasanah SDN 324 Sinunukan II Mandailing Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar melalui metode RME pada siswa kelas IV SDN 324 Sinunukan II Mandailing Sumatera Utara. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat di setiap siklus I dan II. Hal ini terlihat dari hasil penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam matapelajaran Matematika materi bangun datar segitiga setelah diterapkannya model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Pada saat siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 67,81dengan tingkat ketuntasan 10 orang siswa (45,45%), dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata kelas mencapai 76,86 dengan tingkat ketuntasan 19 orang siswa(86,36%). Simpulan melalui metode RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar pada Siswa kelas IV SDN 324 Sinunukan II Mandailing Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Bangun Datar, Realistic Mathematika Education

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1196
Downloads Count: 1159

Published

2021-08-07

How to Cite

Hasanah, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Melalui Realistic Matematika Education (RME). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 953–959. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1294

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.