Pengaruh Media Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1253Abstract
Dalam keaadan pandemi seperti ini Indonesia menerapkan pembelajaran online. Rendahnya motivasi belajar pada siswa kemungkinan karena adanya beberapa faktor, salah satunya seperti masih minimnya penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif pada pembelajaran IPA. Pada masa pandemi pendidik dan siswa menerapkan pembelajaran online. Dimana pendidik dapat memanfaatkan media yang berbasis internet. Dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Quizizz merupakan salah satu inovasi media pembelajaran berbasis internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar IPA dengan menggunakan media Quizizz pada siswa kelas V SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen desain pre-test post-test kontrol. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan data yang didapat dari kuisioner. Sampel dalam penelitian berjumlah 54 siswa. Hasil penelitian ini menggunakan uji-t diperoleh thitung = 13,487 dengan ttabel = 2,0084 pada α = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran quizizz pada motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur.
Keywords:
motivasi belajar, media aplikasi quizizzDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work