Penggunaan Aplikasi Buku Dongeng Anak Dalam Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Siswa SMP

Authors

  • Valentinus Ola Beding STKIP Persada Khatulistiwa
  • Yulia Suriyanti STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan aplikasi “Buku Dongeng Anak”. Bentuk penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Sumber data berupa peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Peningkatan jumlah siswa menceritakan kembali sebesar 60% dengan kategori baik, 35% kategori sedang dan 5% kategori kurang pada siklus I, sedangkan pada siklus II sebanyak 87,5% siswa menceritakan kembali dengan kategori baik, 10% kategori sedang dan 2,5% kategori kurang. Respon siswa terhadap penggunaan aplikasi “Buku Dongeng Anak” dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita adalah sangat baik karena siswa dapat membaca dongeng atau pun cerita dimanapun dan kapanpun siswa berada.

Keywords:

aplikasi Buku Dongeng Anak, Kemampuan Menceritakan Kembali, Bercerita

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 504
Downloads Count: 498

Published

2021-06-21

How to Cite

Beding, V. O., & Suriyanti, Y. . (2021). Penggunaan Aplikasi Buku Dongeng Anak Dalam Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 509–514. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1094

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.