Efektivitas Media Lagu Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa SMP

  • Valentinus Ola Beding STKIP Persada Khatulistiwa
Keywords: surat pribadi, menulis, pembelajaran daring, media lagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi dengan menggunakan media lagu. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media lagu “Bunda” karya Melly Goeslow dan lagu “Titip Rindu Buat Ayah karya Ebiet G. Ade. Bentuk penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus,dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Sumber data berupa peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, tes, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Persentase siswa tuntas menulis surat pribadi pada siklus I adalah 62,95% dan pada siklus II 88,89%. Respon siswa terhadap penggunaan media lagu dalam pembelajaran menulis surat pribadi adalah positif karena dalam wawancara siswa merasa senang, dan percaya diri serta mampu memahami cara menulis surat pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-06
How to Cite
Beding, V. O. (2021). Efektivitas Media Lagu Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa SMP . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 471-476. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1075
Section
Articles