Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 39 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10771Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas IV SDN 39 Cakranegara. Untuk mengetahui tingkat kesiapan guru dalam implementasi kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 39 Cakranegara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriftif. Penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian maturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (naural setting). Penelitian kualitatif adalah pendekatan penyelidikan yang berfokus pada pemahaman mendalam tentang perilaku manusia dan alasan yang mendasarinya. Pengumpulan dan analisis data yang kaya dan mendalam untuk memperoleh wawasan Penelitian ini dilaksanakan di SDN 39 Cakranegara. Sekolah belum sepenuhnya menerapkan kurikulum merdeka dengan kesiapan yang beragam. Adapun satu guru kelas dan kepala sekolah.Implementasi Kurikulum Merdeka menunjukkan bahwa tenaga pendidik memiliki peran kunci dalam mengembangkan dan menerapkan kurikulum sesuai kebutuhan masyarakat..
Keywords:
Kesiapan Guru, Implementasi Kurikulum MerdekaDownloads
References
Anderson, J. (2023). Inklusi Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Prospek. Jurnal Pendidikan Inklusif, 5(2), 112-128.
Creswell, J. W. (2016). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK, 2, 121-80.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. 5(2).
Febriana, ., & Setiawati, M. (2024). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 42-44.
Fadilah, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah.
Hafidz, A. A., Kusumaningsih, W., & Aini, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender. 1(6), 373–380.
Hamalik, O. (2016). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, cet. Ke-6. Bandung: PT remaja Rosda Karya.
Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534.
Hidayah, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas x ma al asror kota semarang.
Jantzi, A. (2020). Perspektif dan Pengalaman Kepala Sekolah Penggerak di Kabupaten Grobogan dalam Memimpin Transformasi Kurikulum Merdeka. Scientia, 3(2).
Jacob, C. (n.d.). Matematika Sebagai Pemecahan Masalah. FPMIPA UPI.
John, T., Pada, D., & Trigonometri, M.. Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan teori john dewey pada materi trigonometri.
Lestari, N. D. S., Pambudi, D. S.,. (2023). Kesiapan guru matematika sekolah menengah dalam mengajarkan literasi dan numerasi melalui kurikulum merdeka. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1650-1660.
Likona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Nusamedia.
Mulyasa, H. E. (2017). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.
Nasution, A. F., Ningsih, S., (2019). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI, 19(2), 250–261.
Niken ., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka?. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(1), 34-48.
Penelitian, J., Matematika, P., Nur, I., Rokhmatillah, F., Manoy, J. T., Fardah, D. K., … Nahdi, J. (2019). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Soal PISA Konten Quantity Ditinjau dari Self-Efficacy
Pertama, S. M. (n.d.). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN UNCERTAINTY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH.
Pujiastuti, H. (2020). MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA yang baru pada berbagai bidang dalam kehidupan manusia . Akan tetapi dalam kenyataannya dalam pembelajaran di kelas , sehingga siswa harus berperan aktif dalam pembelajaran , agar. 4(1), 1–10.
Prasetyo, A. (2024). Implementasi Pendekatan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 32-39.
Rambe, F. Y. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret.
Riski, F., Marethi, I., & Rafianti, I. (2019). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP. 02(02), 11–23.
Rohman, M. (2019). Analisis Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Bustanul Ulum Journal of Islamic Education, 1(1), 97-114.
Ryan, J. C. (2022). Indonesian Character Building Strategy: Planning the Pancasila Student Profile Strengthening Project in Kurikulum Merdeka. KnE Social Sciences, 362-369.
Saiful, F. E. P., Hasanah, M., & Majid, A. B. A. (2021). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan minat bakat siswa. Journal of Science and Education Research, 3(2), 5-10.
Setyowati, L. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(4).
Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341-347.
Sumartini, T. S., & Matematis, K. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5.
Supriyadi, A. (2021). Pelatihan strategi menulis proposal hibah kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1), 25-28.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. . D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Vol. 06). https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1546.
Sutarniyati, P. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Surokarsan II Yogyakarta.
Smith, M. B., & Korompot, S. (2023). Pemahaman Guru Bk Terhadap Penghapusan Jurusan Di Jenjang SMA Pada Kurikulum Merdeka. Superior Education Journal, 1(1), 18-23.
Syahril, R. F., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar Analysis of Mathematical Problem Solving Skills Of High School Students Grade XI SMAN 1 Bangkinang City Reviewed from Learning Style. 11(November 2021).
Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., & Raden, N. (2017). Dimas vajar oktaviana. (Tarbiyah, Keguruan, Islam, & Raden, 2017)
Ulya, H., & Vol, G. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90–96.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. 1, 263–278.
yelvia, stevi. (2019). analisis motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis di sekolah mengenah kejuruan negeri 6 pekanbaru.
Yuaidah Ratna, Pujia Siti Balkist, Y. M. (2022). Jurnal PEKA ( Pendidikan Matematika ). 06(01), 1–9. https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1546.
Zanthy, L. S. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma. 01(03), 94–100.
Zainuddin, Z., & Hermanto, D. (2023, June). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Mahasiswa. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 2, No. 1, pp. 156-164).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ibadurrahman Wahidy, Johan Mahyudi, Ilham Handika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work