Efektivitas Media Lagu Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1075Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi dengan menggunakan media lagu. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media lagu “Bunda” karya Melly Goeslow dan lagu “Titip Rindu Buat Ayah karya Ebiet G. Ade. Bentuk penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus,dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Sumber data berupa peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, tes, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Persentase siswa tuntas menulis surat pribadi pada siklus I adalah 62,95% dan pada siklus II 88,89%. Respon siswa terhadap penggunaan media lagu dalam pembelajaran menulis surat pribadi adalah positif karena dalam wawancara siswa merasa senang, dan percaya diri serta mampu memahami cara menulis surat pribadi.
Keywords:
surat pribadi, menulis, pembelajaran daring, media laguDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work