Analisis Dampak Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Dalam Membentuk Keaktifan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1002Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan pembelajaran daring di masa pandemi menimbulkan dampak dari penerapannya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Karena pada era ini untuk menekan penyebaran virus corona pembelajaran dilakukan dengan cara daring atau dalam jaringan. Pembelajaran daring dilakukan di rumah menjadi tanggungjawab orangtua dalam pengawasan terhadap anak-anaknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui dampak terhadap anak dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam penerapan pembelajaran daring sekaligus mengetahui dampak yang terjadi terhadap orangtua siswa yang anaknya mengikuti program pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, di mana penulis merupakan instrument utama untuk memperoleh data secara lebih rinci. Objek dalam penelitian ini adalah masyarakat di Padukuhan Mlangi Sawahan. Adapun teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan diterapkannya pembelajaran daring di Padukuhan Mlangi Sawahan keaktifan belajar para siswa tidak meningkat, siswa tidak menyukai pembelajaran yang dilakukan dengan cara daring ini membuat siswa menjadi tidak aktif, siswa banyak bergantung kepada orangtuanya, siswa lebih senang dengan pembelajaran langsung di kelas membuat pembelajaran daring ini siswa menjadi bosan. Kemudian dampak terhadap orangtua dan anak yaitu siswa terbatas ruang berpikirnya membuat siswa tidak bisa bertukar pendapat dengan siswa lain serta tak bisa bertanya langsung dengan sang guru menjadikan siswa terlalu bergantung kepada orangtuanya setiap ada tugas dan menjadikan orangtua terganggu, orangtua harus menambah biaya untuk membeli paket internet supaya anak bisa mengikuti pembelajaran yang sedang diterapkan saat ini, pembelajaran daring para anak dan orangtua belum terbiasa dengan penggunaan teknologi menimbulkan kebingungan dengan penggunaanya.
Keywords:
dampak, pembelajaran daring, keaktifan belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work