PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2841Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi yang mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V dalam kegiatan pembelajaran IPA, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan eksperimen dengan menerapkan model Quantum Learning pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Quantum Learning berpengaruh pada motivasi dan kecakapan atau kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif di kelas V SD mata pelajaran IPA. Metode Pre-Experiment adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan desain One Group Pre-Test Post-Test. Peneliti menggunakan kelas V SDN Bambu Apus 01 yang terdiri dari 3 kelas sebagai populasi penelitian dan kelas yang peneliti jadikan sampel adalah kelas V-A sebanyak 32 peserta didik. Instrumen yang peneliti gunakan adalah tes (Pre-test & Post-test) dan angket yang masing-masing berjumlah 10 soal dan 17 soal yang sudah teruji valid. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif eksperimen karena data yang diperoleh berupa angka. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan terlihat dari nilai signifikansi yang diperoleh pada angket yang menunjukkan n.sign = 0,000 < α = 0,05 dan pada instrument tes diperoleh n. Sign = 0,000 < α = 0,05. Kesimpulan, penerapan model Qauntum Learning dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan pada motivasi dan kemampuan atau kecakapan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD pada mata pelajaran IPA.
Keywords:
kemampuan berpikir kreatif, model quantum learning, motivasiDownloads
References
Agung, A. A. G., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berfasilitas Multimedia Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar …. Jurnal Edutech Undiksha, 6, 268–277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20321
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 1–8.
Arifin, Z. (2019). Jurnal Inventa Vol II . No 2 September 2018. Jurnal Inventa, 3(2), 209–215.
Cahyo, H. D., & Maryani, I. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Penyesiaian Diri Makhluk Hidup Kelas V Sd Muhammadiyah Bausasran. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 201. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.667
De Porter, B., & Hernacki, M. (2004). Quantum Learning. Kaifa.
DePorter, B., & Hernacki, M. (1992). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan dari Quantum Learning: Unleashing the Geius In You . Bobbi DePorter bersama Mike Hernacki. Dell Publishing.
Djenawa, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.213
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966
Hamid, A., & Prasetyowati, R. A. (2021). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan eksperimen. CV Literasi Nusantara Abadi.
Harfiana, D., Karim, & Sari, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap. 131–137.
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan motivasi belajar dengan konsep diri. 0291.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. PENERBIT DEEPUBLISH.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nurhasanah, S. (2019). Statistika Pendidikan: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Salemba Humanika.
Pongkendek, J. J., Marpaung, D. N., & Siregar, L. F. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Musamus Journal of Science Education, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.35724/mjose.v2i1.2243
Rusadi Putra, I. K., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPS. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 63. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20712
Silalahi, T. M., Girsang, M. L., & Ginting, M. B. (2020). Peran Emosi Dalam Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini (Andriyanto (ed.)). Penerbit Lakeisha.
Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., Noer, R. M., Kailani, A., Nanda, I., Nugroho, A. G., Sholihah, M., Rusli, M., Yudaningsih, N., & Firmansyah, H. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Penerbit Insania.
Sugeng, B. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). Deepublish.
Syaifi, M. (2017). JURNAL TARBAWI Vol.01 No.01 2016 | 1. Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua Terhadap Kreativitas Anak, 01(01), 8–9.
Triyanto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam KTSP. Bumi Aksara.
Vella, J. (n.d.). Quantum Learning: Teaching as Dialogue. In Spring (Issue 93, pp. 73–84).
Widiyono, A. (2022). Konsep Dan Implementasi Pembelajaran IPA Di Sd. CV. Global Aksara Pers.
Yuniar, K., Rakhmawati, A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2019). Quantum Learning Methods to Improve students’ speech skill using Javanese’s Krama Alus. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012074
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rizky Yuniar, Ima Mulyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).