VALIDITAS LKPD BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lifda Sari Universitas Negeri Padang
  • Farida F Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Universitas Negeri Padang
  • Darnies Arif Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3215

Abstract

Kemajuan pendidikan dan teknologi menuntut siswa supaya tidak hanya meningkatkan hasil belajarnya tetapi juga dituntut untuk mampu membuat perencanaan, melakukan percobaan sehingga menjadi sebuah produk sebagai sebuah kreatifitas dan bentuk pengaplikasian dari kemampuan berpikir kritisnya. Salah satu SDM yang harus memiliki kemampuan kreatif dan inovatif yaitu para guru. Guru menyampaikan pengetahuan kepada siswa supaya siswa memiliki bekal untuk menghadapi kegaiatan  sehari-harinya. Salah satu cara guru untuk meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalah sehari-hari yaitu dengan menyediakan lembar kerja peserta didik yang biasa disebut LKPDStudi pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dalam model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada tema 8 di kelas V SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemudahan atau biasa disebut efektivitas LKPD yang meliputi penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan (Definition, Design, Development, and Propagation). Peneliti menganalisis lembar validasi menggunakan skala Likert untuk mengetahui kualitas LKPD dengan menggunakan model PjBL yang dikembangkan. Verifikasi Ahli Isi atau LKPD Demonstrasi memiliki hasil sebesar 4,6 yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Sekali lagi, hasil validasi ahli bahasa rata-rata 4,2, yang merupakan kategori sangat valid. Dan dengan skor rata-rata 4,3 untuk grafik, kategori sangat efektif. Oleh karena itu, LKPD model PjBL dengan tema 8 ini valid dan sangat layak karena memenuhi kriteria evaluasi sehingga dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran tema.

Keywords:

LKPD, PjBL, Tematik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 167–176. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4241

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi project based learning (pjbl) berpendekatan science edutainment terhadap kreativitas peserta didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Ariana, R. M., Rasmawan, R., Sartika, R. P., Hairida, & Erlina. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Project Based Learning Pada Materi Pencemaran Air Di Smp Pontianak. Jurnal Education and Development, 10(2), 259–268.

Bell. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. In The clearing house, 83(2), 39-43 (Vol. 83, Issue 2005, pp. 1–12).

Chiang. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.779

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Efstratia, D. (2014). Experiential Education through Project Based Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 1256–1260. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.362

Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligences pada pokok bahasan Substansi Genetika kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.

Farida, & dkk. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Projek Based Learning (PjBL) di Kelas V SD Pembangunan UNP: Hasil Penugasan Dosen di …. Jurnal Pds Unp, November, 89–95.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8605

Gistituati, N., & Atikah, N. (2022). E-Module Based on RME Approach in Improving the Mathematical Communication Skills of Elementary Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 106–115.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Amini, R. (2019). A Implementation of Contextual Approach to Improve Motivation and Student Learning Outcomes in Class VI Learning Science Learning SD Negeri 24 Ganting Singgalang. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 148–155.

Miaz, Y. (2022). Development of Lkpd Based on PBL on Integrated Thematic Learning in Class V of Elementary School. 14(2016), 2299–2312. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1284

Nadhiroh. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Termodinamika (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). In (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). (p. 2018).

Norita, E., & Hadiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 561–570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783

Sulistyorini, S., Harmanto, Abidin, Z., & Jaino. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dan Literasi Siswa SD Di Kota Semarang. Jurnal Kreatif ; Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 21–30.

Yanti Fitria. (2018). Landasan Pembelajaran Sains Terintegrasi (Terpadu) untuk Level Dasar. In SUKABINA Press.

Zulfah, Z. (2018). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.57

Downloads

Abstract Views : 1083
Downloads Count: 1273

Published

2022-10-27

How to Cite

Sari, L., Farida F, Hadiyanto, & Arif, D. (2022). VALIDITAS LKPD BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1358–1370. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3215

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.