PENGEMBANGAN MEDIA ANDROID VIKOL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3193Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang menurun di masa pandemi Covid-19 karena ketertinggalan materi dan media pembelajaran yang digunakan guru belum dapat menyampaikan infomasi kepada siswa secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk aplikasi android interaktif untuk meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berfikir kristis dan kreatif di masa pandemi Covid-19 dengan melihat tingkat kelayakan dan keefektifan media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu aplikasi VIKOL Interaktif dengan menggunakan model pembelajaran 3CM Learning muatan tematik kelas 5 tema 2 subtema 2 pembelajaran 4, dimana terdapat video interaktif, komik interaktif dan lembar kerja siswa. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes dengan teknik analisis kualitatif. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data sebagai acuan menentukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Hasil analisis menunjukkan tingkat kelayakan validasi ahli materi 75% kategori tinggi, validasi ahli media 92,5% kategori sangat tinggi, dan validasi ahli media 96,25% kategori sangat tinggi, sehingga produk dinyatakan layak digunakan. Hasil belajar meningkat setelah menggunakan produk pengembangan terlihat pada nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media VIKOL Interaktif layak dan efektif digunakan, sehingga mampu mempengaruhi hasil belajar. Setelah menggunakan media VIKOL Interaktif, hasil belajar serta kemampuan berfikir kristis dan kreatif siswa meningkat di masa pandemi Covid-19.
Keywords:
berpikir kritis dan kreatif, hasil belajar, media pembelajaran, model pembelajaranDownloads
References
Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging faculty needs for enhancing student engagement on a virtual platform. MedEdPublish, 9(75), 75.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan portofolio dalam perkuliahan penilaian pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 246-258. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.40
Arrosyida, A., & Suprapto. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Komputer Menggunakan Macromedia Flash 8 di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, (2), 1–8.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe group inverstigation (gi) dan cooperative integrated reading and compisition (circ) dalam meningkatkan kreativitas berfikir kritis dan hasil belajar ipa siswa kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171-180. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2067
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18-26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan.
Murtiwiyati & Lauren, G. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 12(2), 1-10. https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/komputasi/article/view/179
Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The Epidemiology and Pathogenesis of Corona Virus Disease (Covid-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity, 109, 102433. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433
Sari, IK, & Mawardi, M. (2020). Pengembangan MEPTISAN untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5 (1), 1-5. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1645
Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberragaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4 (1), 138-150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam.Edukasi Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 47–66. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.222
Wahyudi, W., Waluya, B., Suyitno, H., & Isnarto, I. (2019, July). The Analysis of The Students’ Creative Thinking Ability in Mathematics as Viewed from their Learning Style and Educational Background. In 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018) (pp. 373-378). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.21
Wahyudi, W., Waluya, B., Suyitno, H., & Isnarto, I. (2019). The use of 3CM (cool-critical-creative-meaningful) model in blended learning to improve creative thinking ability in solving mathematics problem. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(1), 26-38. https://doi.org/10.26858/est.v5i1.7852
Yasa, K. A., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik untuk Kelas XI MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 199–209.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kristina Kurniawan, Firosalia Kristin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).