PENGEMBANGAN MEDIA ANDROID VIKOL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Kristina Kurniawan Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3193

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang menurun di masa pandemi Covid-19 karena ketertinggalan materi dan media pembelajaran yang digunakan guru belum dapat menyampaikan infomasi kepada siswa secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk aplikasi android interaktif untuk meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berfikir kristis dan kreatif di masa pandemi Covid-19 dengan melihat tingkat kelayakan dan keefektifan media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu aplikasi VIKOL Interaktif dengan menggunakan model pembelajaran 3CM Learning muatan tematik kelas 5 tema 2 subtema 2 pembelajaran 4, dimana terdapat video interaktif, komik interaktif dan lembar kerja siswa. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes dengan teknik analisis kualitatif. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data sebagai acuan menentukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Hasil analisis menunjukkan tingkat kelayakan validasi ahli materi 75% kategori tinggi, validasi ahli media 92,5% kategori sangat tinggi, dan validasi ahli media 96,25% kategori sangat tinggi, sehingga produk dinyatakan layak digunakan. Hasil belajar meningkat setelah menggunakan produk pengembangan terlihat pada nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media VIKOL Interaktif layak dan efektif digunakan, sehingga mampu mempengaruhi hasil belajar. Setelah menggunakan media VIKOL Interaktif, hasil belajar serta kemampuan berfikir kristis dan kreatif siswa meningkat di masa pandemi Covid-19.

Keywords:

berpikir kritis dan kreatif, hasil belajar, media pembelajaran, model pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging faculty needs for enhancing student engagement on a virtual platform. MedEdPublish, 9(75), 75.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan portofolio dalam perkuliahan penilaian pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 246-258. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.40

Arrosyida, A., & Suprapto. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Komputer Menggunakan Macromedia Flash 8 di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, (2), 1–8.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe group inverstigation (gi) dan cooperative integrated reading and compisition (circ) dalam meningkatkan kreativitas berfikir kritis dan hasil belajar ipa siswa kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171-180. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2067

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18-26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan.

Murtiwiyati & Lauren, G. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 12(2), 1-10. https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/komputasi/article/view/179

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The Epidemiology and Pathogenesis of Corona Virus Disease (Covid-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity, 109, 102433. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433

Sari, IK, & Mawardi, M. (2020). Pengembangan MEPTISAN untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5 (1), 1-5. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1645

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberragaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4 (1), 138-150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam.Edukasi Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 47–66. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.222

Wahyudi, W., Waluya, B., Suyitno, H., & Isnarto, I. (2019, July). The Analysis of The Students’ Creative Thinking Ability in Mathematics as Viewed from their Learning Style and Educational Background. In 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018) (pp. 373-378). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.21

Wahyudi, W., Waluya, B., Suyitno, H., & Isnarto, I. (2019). The use of 3CM (cool-critical-creative-meaningful) model in blended learning to improve creative thinking ability in solving mathematics problem. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(1), 26-38. https://doi.org/10.26858/est.v5i1.7852

Yasa, K. A., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik untuk Kelas XI MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 199–209.

Downloads

Abstract Views : 338
Downloads Count: 302

Published

2022-10-27

How to Cite

Kristina Kurniawan, & Firosalia Kristin. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA ANDROID VIKOL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1330–1345. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3193

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.