PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK UNTUK PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rini Elvinas Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3135

Abstract

Bahan ajar merupakan kumpulan beberapa materi pembelajaran yang memuat berbagai langkah dan prosedur pembelajaram dan berguna untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik untuk pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi Nearpod di kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode  R&D. Subjek penelitian ini adalah kelas III SDIT Padang Islamic School Kota Padang semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan pada tahap pengembangan, evaluasi ahli terhadap buku teks mendapat skor 0,99% dalam materi, 0,86% dalam media, dan 1,06% dalam bahasa kategori yang valid. Tahap implementasi dilakukan dengan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Tes kepraktisan guru mendapat skor 0,85% dalam kategori sangat praktis, dan tes kepraktisan siswa mendapatkan skor 0,85% dalam kategori sangat praktis. Uji keefektifan dilakukan di SDIT Madrasah Padang dan SDN 21 Lubuk Lintah Kota Padang terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari pengetahuan dan mencapai nilai prediksi baik sebesar 84,44 dan 83,33. Keterampilan mendapat skor 3,63 dan 3,44, predikat sangat baik dan baik, dan skor sikap 3,67 dan 3,50, predikat sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini ialah pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi Nearpod layak digunakan untuk menunjang hasil belajar peserta didik, dengan kategori valid, praktis dan efektif untuk digunakan di kelas 3 Sekolah Dasar.

Keywords:

bahan ajar, blended learning, nearpod, tematik terpadu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105

Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Semdikjar, 4, 62–74.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Jakarta: Depdiknas.

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108.

Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 50. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8709

Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/960

Hakami, M. (2020). Using Nearpod as a Tool to Promote Active Learning in Higher Education in a BYOD Learning Environment. Journal of Education and Learning, 9(1), 119. https://doi.org/10.5539/jel.v9n1p119

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Izzati, A. A., Hanifah, U. S., Anggraeni, S., Azizah, N., & Rohmah, D. F. N. (2021). Pengaruh Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 8(2), 14–22. https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2243

Kalsum, I. (2021). Nearpod And Students’ Motivation In Online English Learning Article Information. International Academic Research Journal of Business and Technology, 7(1), 2021.

Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 Guru Siswa Afektif Psikomotorik Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). In Bandung: Alfabeta.

Downloads

Abstract Views : 798
Downloads Count: 764

Published

2022-10-27

How to Cite

Elvinas, R., & Erita, Y. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK UNTUK PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1296–1307. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3135

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.