PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP MINAT SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM BERDASARKAN MODEL TAM
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2817Abstract
Masalah pada penelitian ini yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan kreatif guna memudahkan peserta didik agar dapat mengerti materi yang dipelajari pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Self Efficacy terhadap minat peserta didik sekolah dasar menggunakan Google classroom berdasarkan model TAM. Google classroom memudahkan peserta didik dan guru agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas dalam pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain survey. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dengan memberikan perlakuan aplikasi Google classroom, kemudian menyebarkan kuesioner kepada kelas IV dengan jumlah 90 peserta didik. Pada penelitian ini terdapat 3 variabel yang valid dan 2 variabel yang tidak valid, untuk menganalisis data yang telah dihasilkan menggunakan SmartPLS. Dan hasil yang didapat bahwa adanya pengaruh Self Efficacy terhadap minat peserta didik dengan menggunakan Google classroom di masa pandemi sebagai platform pembelajaran online.
Keywords:
google classroom, minat siswa, self efficacyDownloads
References
Aditya, R., & Wardhana, A. (2016). Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 24–32. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art3
Baharudin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy. Ademic Press.
Cholil, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Online Berbasis Google classroom. Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 85–97.
Febrianti, T. (2021). Modifikasi Technology Acceptance Model Untuk Internet Tv Di Indonesia. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 11(1), 10–32. https://doi.org/10.34010/jurisma.v11i1.3160
Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127
Gunadi, G., & Sudaryana, I. K. (2021). Analisa Tingkat Penerimaan Aplikasi Scratch Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Infotech: Journal of Technology Information, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.37365/jti.v7i1.101
Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., Bisnis, F., Manajemen, D., Indonesia, U. P., Manajemen, P. S., Sarjana, S. P., Indonesia, U. P., Manajemen, P. S., & Indonesia, U. P. (2019). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Attitude dan Actual Usage Go-Pay. November, 22–33.
Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika pendidikan (3rd ed.). Uhamka press.
Mardapi, D., & Prasetyo, Z. K. (2019). Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa. 8(1), 743–751.
Masduqi, A., & Nugroho, A. R. (2018). Analisis Data Menggunakan Aplikasi Related papers.
Miswari, M. (2017). Mengelola Self Efficacy, Perasaan dan Emosi dalam Pembelajaran melalui Manajemen Diri. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 67. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.910
Pertiwi, N. G. (2015). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).
Prahmadita, A. D. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler drumband di smp negeri 1 sleman. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Schunk, D. H., & Pajares, F. (2009). Self-Efficacy Theory. Handbook Motivation, 1(3), 35–55.
Shareefa, M., & Moosa, V. (2020). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 9(1), 331–349.
Sugandini, D., Effendi, M. I., & Istanto, Y. (2020). The Effect of Ease of Use, Usefulness, Trust, Self-efficacy, and Security on Adoption Technology. 89–93. https://doi.org/10.5220/0009964400890093
Wan Nazihah Binti Wan Mohamed. (2018). Mobile Technology Acceptance Among English Language Academics At Doctor of Philosophy. 310.
Zulherman, Z. (2018). The Development of High School Physics Learning Module on Wave Subject. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2), 143–148. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i2.2305
Zulherman, Z., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application for Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 754–764. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.29429
Zulherman, Z., Nuryana, Z., Pangarso, A., & Zain, F. M. (2021). Factor of Zoom cloud meetings: Technology adoption in the pandemic of COVID-19. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(3), 816. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i3.21726
Zulherman, Zain, F. M., Napitupulu, D., Sailin, S. N., & Roza, L. (2021). Analyzing Indonesian Students’ Google classroom Acceptance During COVID-19 Outbreak: Applying an Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Model. European Journal of Educational Research, 10(4), 1697–1710. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1697
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Arfi Rizka nanda, Zulherman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).