DAMPAK GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI SISWA KELAS V SDI

Authors

  • Indah Permata Sari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Nurwahyuni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2798

Abstract

Bermain Game Online berlebihan berdampak negatif bagi siswa seusia sekolah dasar yang bisa mempengaruhi emosi. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak game online mobile legends terhadap perkembangan emosi pada siswa kelas V SDI RPI. Metode yang peneliti gunakan adalah kualitatif deskripsi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang digunakan yaitu 6 orang siswa kelas V, 5 wali murid kelas V dan 1 wali kelas V. Peneliti menggunakan analisis data yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan game online mobile legends berdampak bagi perkembangan emosi siswa. Dampak positif yaitu memberi kesenangan, melatih bahasa asing dan menambah pertemanan. Dampak negatif nya yaitu mudah marah, berkata kasar, melakukan tindakan fisik, kurang sopan dan tidak patuh, melalaikan tugas serta menimbulkan rasa malas. Peran orangtua dan guru juga membantu untuk mengawasi perkembangan emosi siswa saat bermain game. Peran orangtua dan guru adalah membimbing, mendampingi, memberikan motivasi serta memberikan batasan dan memberi sanksi ketika siswa berlebihan dalam bermain game online mobile legends.

Keywords:

game online, mobile legends, perkembangan emosi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir, Riswan Kamri Amri, S. R. (2020). Peran orangtua dalam meminimalisir kecanduan game online pada anak. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, Vol. 3, No, 258.

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1)., 28–40.

Ahmad Wildan Faza, Syailin Nichla Choirin Attalina, A. W. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 Nomor 3tahun 2022534 Analisis Dampak Game OnlinePada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Bawu RT 06 RW 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 4 N.

Ali Amran, Eddy Marheni, Tjung Hauw Sin, R. Y. (2020). Kecanduan Game Online Mobile Legends Dan Emosi Siswa SMAN 3 Batusangkar. Jurnal Patriot, Volume 2 N.

Andina Librianty. (2018). Indonesia Penyumbang Pengguna Aktif Terbesar untuk Mobile Legends. Liputan 6. https://www.liputan6.com/tekno/read/3637149/indonesia-penyumbang-pengguna-aktif-terbesar-untuk-mobile-legends

Andriyanto Hasan, Abdul Rahmat, Y. N. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap PerilakuSosialRemaja. Student Journal of Community Empowerment, Volume (1), Halaman (1-13).

Ariantoro., T. R. (2016). Dampak Game Online terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM, 1/1, 45–50.

Cornillez Jr, Eduardo Edu Conejos & de Los Santos, Jessie Richie & Jr, V. (2020). Mobile Games and Academic Performance of University Students. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Dananjaya, A., & Kusumastuti, D. (2019). Students’ Perception on Online Game Mobile Legends for Vocabulary Development. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(2), 53–55.

Demir, Y., & Kumcağız, H. (2019). Üniversite öğrencilerinin sosyal medya bağımlılığının farklı değişkenler açısından incelenmesi *Investigating the effects of several variables on university students’ social media addiction. Türk P Iko Ojik Işm R Hberlik Dergis, 9(52), 23–42. https://dergipark.org.tr/tr/pub/tpdrd/issue/44557/550132

Granic, I., Lobel, A., & Engels, R. C. M. E. (2014). The benefits of playing video games. American Psychologist, 69(1), 66–78.

Ilian Sevrina Anggraini. (2021). Dampak game online terhadap prestasi akademik peserta didik di madrasah ibtidaiyah al munawarah kota jambi. Universitas islam negeri sultan thaha saifuddin jambi.

Istikomah, N. (2022). Analisis dampak game online terhadap aspek kehidupan sosial pada siswa kelas v sdn 07 kendaldoyong kecamatan petarukan kabupaten pemalang. Jurnal Guru Kita, 6(2), 24.

Khuzaimah, U. (2020). Strategi guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online di mi al-hikmah jabung talun blitar. Institut agama islam negeri tulungagung.

Kim, K, H., Park, J. Y., & K. D. (2002). E-lifestyle and motives to use online games. Irish Marketing Review, Vol. 15, I, 71-77.

maLitlejohn, S. W. (1999). Theories of Human Communication. In Wadworth Publishing Company (Sixth Edit). Wadworth Publishing Company.

Meutia, p., Fahreza,F., & Rahman, A. A. (2020). Analisis Dampak Negatif kecanduan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas Tinggi SD Negeri Ujong Tanjong. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Mimi Ulfa. (2017). Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku remaja di mabes game center jalan hr. Subrantas kecamatan tampan pekanbaru. JOM.FISIP, vol 4 no 1, 3.

Munita, Z. Z. (2021). Peran orang tua dalam mengatasi kecanduan game online pada anak di desa jeblogan kecamatan paron kabupaten ngawi. Institut agama islam negeri (iain).

Mustamiin, M. Z. (2019). Konseling Individu dengan Sikap Kecanduan Game Online Mobile Legend pada Siswa. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, Vol 7, No1, hal. 4.

Nugrananda Janttaka, W. J. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 04 No.

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Jilid I . Edisi ke lima. Erlangga.

Sofia, H., & Prianto, B. (2010). Panduan Mahir Akses Internet. Kriya Pustaka.

Thiara Melia Krisnawati. (2020). Upaya Guru Dalam Mengatasi Pengaruh Game Online Terhadap Interaksi Sosial Siswa di SDN Pondok Ranggon 01 Pagi. Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

Yuliani, R. (2013). Emosi Negatif Siswa Kelas XI SMAN 1 Sungai Limau. KONSELOR, 2 (1), 151–155.

Yuya Anggraini. (2016). Dampak Penggunaan Game Online Terhadap Prilaku Remaja. Academia.Edu, 8.

Downloads

Abstract Views : 3532
Downloads Count: 3205

Published

2022-10-26

How to Cite

Indah Permata Sari, & Nurwahyuni. (2022). DAMPAK GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI SISWA KELAS V SDI. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2798

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.