PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGE FEO TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PERKALIAN METODE PENJUMLAHAN BERULANG PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Manggu Ngguna Raji Universitas Flores
  • Fransiskus Korosando Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2726

Abstract

Era digital memberikan kemudahan dalam pembelajaran, cukup dengan menggunakan handphone yang terkoneksi dengan jaringan internet sudah dapat menikmatinya. Siswa yang bertempat tinggal di kota secara umum memiliki pengalaman baru dalam belajar didukung dengan fasilitas gawai, koneksi internet memudahkan siswa mendapatkan aneka informasi pengetahuan, mandiri belajar di rumah ditengan Pandemik Covid-19. Namun kurang beruntung bagi siswa Kelas III Sekolah Dasar Katolik Aefeo yang bermukin di Kampong Mbegho karena; pertama, keterbatasan ekonomi sehingga belum mampu memiliki android. Kedua, keterbatasan jaringan, koneksi/akses internet, karena siswa bertempat tinggal di pegunungan yang relatif tinggi serta berbukit. Ketiga, siswa belum terampil menggunakan android. Keempat, siswa belum terampil mengakses informasi pengetahuan secara online.  Penelitian ini bertujuan; (1) mendeskripsikan kemampuan berhitung operasi perkalian metode perjumlahan berulang melalui permainan Enge Feo. (2) mendeskripsikan hasil belajar berhitung operasi perkalian metode penjumlahan berulang melalui permainan Enge Feo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggart dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian adalah siswa Kelas III SDK Aefeo berjumlah 11 orang siswa yang bermukim di Kampong Mbegho Desa Tomberabu 1 Kabupaten Ende. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan tes. Instrument pennelitian yang dipakai yakni instrumen pengamatan dan tes.  Analisis data menggunakan statistik sederhana yakni mean total ≥ 90%, ketuntasan ≥ 70. Implikasi dari tindakan ini adalah siswa mampu menghitung operasi perkalian dengan metode penjumlahan berulang melalui permainan Enge Feo. Hasil belajar meningkat di siklus kedua mean total > 90, ketuntasan belajar meningkat 90, 91%.

Keywords:

kemampuan berhitung operasi perkalian, permainan tradisonal enge feo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, T. Y. (2021). Pengaruh media congklak dan motivasi terhadap keterampilan menghitung perkalian pada siswa kelas iii di sdn 1 limboto kab. Gorontalo. Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” GORONTALO, 25 NOVEMBER 2021 (pp. 313-329). Gorontalo : Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo,http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1078/775file:///E:/OPERATIONAL%2020052017/Downloads/1078-2524-1-SM.pdf.

Alfi Sukrina, A. D. (2022). Optimalisasi Penggunaan Handpone Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10-16.

Andik Matulessy, I. A. (2022). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa :literature review. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 13 No. 1 April, 165-178.

Arkiang, F. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Daerah 3t (Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pendidikan, Vol. 12 No. 1, 57 - 64.

Denni Ismunandar, L. R. (2021). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6thsenatik) Program Studi Pendidikan Matematikafpmipati-Universitas Pgri Semarang. Semarang, 11 AgFormulasi etnomatematika pada konsep operasi penjumlahandalam permainan tradisional kemyeng di Indramayu. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6thsenatik) Program Studi Pendidikan Matematika Fpmipati-Universitas Pgri Semarang Semarang, 11 Agustus 2021 (pp. 259-265). Semarang : FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG SSN 2807-324X (Online) http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1925/1019.

Herawati Susilo, H. C. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publising_https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TApZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=aWmyTO5MLE&sig=NioIAh4SV1MsiOIFUeFzCND21Iw&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20tindakan%20kelas&f=false.

Husna, A. (2021). Kendala Yang Dihadapi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning di Masa Pandemi. At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021

Jhenny Windya Pratiwi, &. H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 05 No. 02, Juni, 1-12.

Kou, D. &. (2020). Eksplorasi etnomatematika acara adat Thelas Keta pada masyarakat Noemuti. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/468, 1-7.

Mahmudah, S. S. (2021). Meningkatkan minat belajar perkalian Matematika Dengan Permainan congklak di SDN Sidorejo. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Vol. 2 No. 1 Januari (pp. 44-49). Langsa-Aceh: FKIP Unsam http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/157/158.

Manik, E. (2020). Ethnomathematics dan Pendidikan Matematika Realistik. Webinar ethnomathematics (pp. 41-50). Medan: magister pendidikan matematika pascasarjana universitas hkbp nommensen isbn: 978-623-93394-9-4https://uhn.ac.id/files/akademik_files/2105100952_2020_Ethnomathematics%20dan%20Pendidikan%20Matematika%20Realistik_11111.pdf.

Prastowo, R. d. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19: Kasus di SDN 24 Mancanang Kabupaten Bone. urnal Basicedu, Vol. 5 No. 4, 2241 - 2246.

Pratiwi, J. W. (2020 ). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. . Jpmr, 5(2), Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405, 1-12.

Rose Dinar Pratiwi, &. I. (2019). Analisis Penanaman Konsep Perkalian Sebagai Penjumlahan Berulang Melalui Pemanfaatan Permainan Congklak Pada Siswa Kelas Ii Sdn Babatan I/456 Surabaya. Jurnal PGSD. Volume 7 Nomor 1 , 2613-2622.

Samo, S. I. (2017). Lintasan Pembelajaran Pecahan Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainan Tradisional Siki Doka. Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, Nomor 3, September, 311-322.

Sari, I. P. (18 de 10 de 2022). Persepsi siswa terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi (studi kasus siswa kelas X di SMA Negeri 2 Malang). Fonte: http://repository.um.ac.id/38802/: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38802

Sri Imelda Edo, &. D. (2017). Lintasan Pembelajaran Pecahan Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainan Tradisional Siki Doka. Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, Nomor 3, September, 311-322.

Sukardi, H. M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Sinar Grafika offset_https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TuSCEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=Y6jeQPlX9I&sig=OJRUWDTv3e5mZx_pMGbXzv9czf0&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20tindakan%20kelas&f=false.

Susanti, E. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Operasi Hitung dalam Permainan Tradisional Kempreng. Suska Journal of Mathematics Education, Vol. 6, No. 1, , 001-008.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. . SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, Vol. 7 No.5 https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314, 395-402.

Veronika Miana Radja, I. K. (2019). Tinjauan Keamanan Lereng Di Desa Tomberabu 1 Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Teknosiar, Vol.13, No.1, April , 7 - 13.

Downloads

Abstract Views : 512
Downloads Count: 395

Published

2022-10-27

How to Cite

Raji, M. N., & Fransiskus Korosando. (2022). PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGE FEO TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PERKALIAN METODE PENJUMLAHAN BERULANG PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1458–1470. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2726

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.