PEMBUATAN KARYA MONTASE DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJA SAMA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2626Abstract
Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada bidang seni rupa sering terjadi pembelajaran yang monoton dan kurangnya kerja sama peserta didik khususnya pada pembelajaran seni rupa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembuatan karya montase dan sikap kerja sama peserta didik dalam pembuatan karya montase pada pembelajaran SBdP kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini adalah semua kelompok telah menyiapakan alat dan bahan sesuai dengan yang digunakan pada pembuatan karya montase, hampir semua kelompok mengalami kesulitan saat memotong gambar yang berukuran kecil, semua kelompok mengumpulkan potongan gambar pada satu tempat, hanya kelompok 2 dan 4 yang mengoleskan lem terlalu banyak, semua kelompok telah memberi pewarnaan pada karya montase, peserta didik banyak menggunakan warna biru dan hijau. Pada proses pembuatan karya montase telah menumbuhkan sikap kerja sama peserta didik melalui observasi berdasarkan indikator kerja sama yang terdiri dari 4 aspek diantaranya saling berkontribusi, keterampilan koordinasi, bertanggung jawab, dan bekerja secara produktif dengan yang lain.
Keywords:
montase, proses pembuatan karya, sikap kerja samaDownloads
References
Adnan, Elly, R., Erna, T., Kurniawati, R., Husin, M., & Darnius, S. (2021). Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Melalui Karya Montase Dalam Pembelajaran Seni Rupa. Jurnal Sosiohumaniora Kodepena, 2(1), 1–141. http://jsk.kodepena.org/index.php/jsk/article/view/57
Afifah, T. S., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 358–368.
Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2016). Mozaik Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupa menggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 226–231. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.226-235
Luhita, E. S. (2017). Keefektifan Metode Ekspresi Bebas Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Membuat Montase Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sokanegara Kabupaten Banyumas. Universitas Negeri Semarang.
Marlina, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Sikap Kerjasama dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Materi Keputusan Bersama Menggunakan Model Role Playing di Kelas V SD Negeri 1 Karangsari. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Muharrar, S., & Verayanti, S. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Erlangga.
Munawara, R. (2016). Hubungan Kegiatan Montase Dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B1 Tk Alkhairaat Tondo Palu Raodatul Munawara 2016. Laporan Penelitian. FKIP Universitas Tadulako.
Nurnawati, E., Yulianto, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–7.
Pamadhi, H. & Evan S. (2014). Seni Keterampilan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pamadhi, H. (2019). Pendidikan Seni Di SD. Universitas Terbuka.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, (2016). https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106
Pratiwi, K. Z. C., Nurmasyitah, & Rosma, E. (2019). Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Seni Rupa Melalui Teknik Montase Kelas IV Di SD Negeri 3 Samadua Aceh Selatan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3(1).
Probosiwi, P. (2017). Analisis Karya Keterampilan Dua Dimensi Teknik Montase: Studi Kasus Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Gendol 7 Sleman Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa), 376–389.
Rahayu, S., & Mas’udah. (2017). Penerapan Kegiatan Montase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Di Tk Al Wardah Peterongan Jombang Sri. Jurnal Paud Teratai, 6(3), 1–7.
Sahban, M., A. (2018). Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang. CV Sah Media: Makassar.
Samani, M., & Hariyanto. (2020). Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. (2011). Pendidikan Seni di Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Malang.
Umahat, A. K., Hasnawati, & Tarmizi, P. (2017). Deskripsi Proses Pembuatan Karya Montase SD Negeri 74 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 78–85. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/view/9725
Wijaya, D. (2017). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Mitra Wacana Media.
Yudiarti, A., Purwanti, & Astuti, I. (2018). Analisis Interaksi Sosial Pada Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–10.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Anggraini, Pebrian Tarmizi, Dwi Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).