PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

Authors

  • Assyifa Putri Universitas Padjadjaran
  • Roebiandini Soemantri Universitas Padjadjaran
  • Syaiful Rahman Soenaria Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2754

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu negara dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia berkaitan dengan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan tercermin dari kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaannya. Kurangnya koordinasi antara kepala sekolah dan guru serta pengambilan keputusan yang searah berdampak pada kurangnya rasa tanggung jawab yang dimiliki warga sekolah. Hal ini berdampak pada output pendidikan dan kurangnya manajemen kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penganggaran partisipatif dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Maja, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini adalah 29 SD Negeri dengan sampel 116 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penganggaran partisipatif dan gaya kepemimpinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Secara parsial, penganggaran partisipatif berpengaruh tetapi tidak signifikan, penganggaran dianggap hanya sebagai rutinitas, tidak disertai dengan peningkatan kinerja manajerial yang signifikan, sedangkan gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Semakin tinggi pengaktualan proses kegiatan manajerial yang dilakukan maka akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja organisasi. Pengaktualan bersifat partisipatif dan demokratis dapat menyebabkan tingkat kepuasan bawahan dalam bekerja.

Keywords:

gaya kepemimpinan, kinerja manajerial, penganggaran partisipatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, I., Komariah, A., & Kurniatun, T. C. (2016). Kinerja Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja mengajar guru dan mutu sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).

Badu, I., Awaluddin, I., & Mas’ud, A. (2019). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Komitmen Organisasi, Profesionalisme, Gaya Kepemimpinan dan Struktur Organisasi terhadap Kinerja Manajerial. JPEP (Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan), 4(1), 1–15. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPEP/article/view/6247

Brownell, P. (1983). Leadership style, budgetary participation and managerial behavior. Accounting, Organizations and Society, 8(4), 307–321. https://doi.org/10.1016/0361-3682(83)90046-6

Bumulo, R. A., Kalangi, L., & Warongan, J. (2019). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Manajerial dengan Motivasi, Komitmen Organisasi, dan Job relevant information (JRI) sebagai Variabel Moderating pada Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Gorontalo. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing "goodwill", 9(1).

Damanik, R. (2019). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Komite Sekolah Terhadap Mutu Sekolah. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1).

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Iqbal, N., Anwar, S., & Haider, N. (2015). Arabian Journal of Business and. Arabian Journal of Business and Management Review, 5(5), 1–6. https://doi.org/10.4172/2223-5833.1000146

Iqbal, N., Anwar, S., & Haider, N. (2015b). Effect of leadership style on employee performance. Arabian Journal of Business and Management Review, 5(5), 1–6

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137.

Melia, P., & Sari, V. F. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Publik, Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Solok Selatan). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1068–1079.

Muhammad Fadhli. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena Journal, 4(2), 130–145. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.218

Nuari Dita Pratikyo, A., Suprapti, S., & Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, P. (2016). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Teknologi Informasi, dan Kualitas Informasi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Kabupaten Pati). Serat Acitya-Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 5(1), 2302–2752.

Putri, Z. E. (2016). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Manajerial. Esensi, 4(3). https://doi.org/10.15408/ess.v4i3.2439

Saberan, R. (2019). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 122–131.

Siegel, G., & Ramanauskas-Marconi, H. (1989). Behavioral accounting. Thomson South-Western.

Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional Nomor 20.

Soleman, R. (2012). Pengaruh Penganggaran Partisipatif terhadap Kinerja Manajerial dengan Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan sebagai Variabel Moderating. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1), 87–105. https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss1.art7

Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sukmadi, S. E. (2012). Dasar Dasar Manajemen: Kepemimpinan Lintas Agama. Humaniora.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Triyarsih, M. G. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 25.

Undang-Undang Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2.

https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989

Usman, E., & Usman, A. (2016). Leadership Styles in Budgeting Participation to Support Managerial Performance. International Journal of Organizational Innovation, 8(4).

Wicaksono, G. (2016). Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial pada sekolah menengah negeri di tegal. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 199–212.

Wulandari, D. E., & Riharjo, I. B. (2016). Pengaruh Penganggaran Partisipatif terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(April), 1–21.

Yuniarti, E., & Saty, F. M. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran Dan Kinerja Manajerial ( Studi Empiris Pada Kantor Cabang Perbankan Di Propinsi Lampung ). Jurnal Ilmiah ESSAI, 2(1), 1–16.

Downloads

Abstract Views : 624
Downloads Count: 532

Published

2022-07-30

How to Cite

Putri, A., Roebiandini Soemantri, & Syaiful Rahman Soenaria. (2022). PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 906–914. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2754

Issue

Section

Articles