PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK SENAM JUMSIHAT

Authors

  • Indrayogi Universitas Majalangka
  • Maya Nurhayati Universitas Majalengka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil pemahaman konsep gerak senam Jumsihat dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peneliti berkolaborasi dengan guru serta siswa kelas V SDN Banjaransari I dengan sampel sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrument penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep gerak jumsihat. Hasil analisis data menunjukan aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 19 (cukup), siklus II menjadi 24 (baik). Selanjutnya data hasil belajar siswa siklus I dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 80,56% yang termasuk kedalam kriteria belum tuntas dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 90,67% dan termasuk dalam kriteria tuntas. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep dan gerak senam Jumsihat. Implikasi dan rekomendasi hasil penelitian ini untuk guru yaitu harus mempersiapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi lingkungan, kondisi siswa dan sarana prasarana yang ada, juga harus bisa menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang masih ada saat ini, dengan model inquiry ini guru memudahkan dan memberikan kelancaran dalam kegiatan belajar mengajar.

Keywords:

model pembelajaran, pemahaman konsep, inquiri, senam jumsihat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students ’ Learning Outcome : A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.

Asy’ari, M., Ikhsan, M., & Muhali. (2019). The effectiveness of inquiry learning model in improving prospective teachers’ metacognition knowledge and metacognition awareness. International Journal of Instruction, 12(2), 455–470. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12229a

Chandra, K., Degeng, I. N. S., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2020). Effect of guided inquiry learning model and social skills to the improving of students’ analysis skills in social studies learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 603–622. https://doi.org/10.17478/JEGYS.654975

Duran, M., & Dökme, I. (2016). The effect of the inquiry-based learning approach on student’s critical-thinking skills. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(12), 2887–2908. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.02311a

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175

Indrayogi, I., & Nurhayati, M. (2020). Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Paru-Paru Bagi Lansia Di Universitas Majalengka. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.545

Indrayogi, & Nurhayati, M. (2021). The Effect of Senam Sehat Indonesia Exercise on the Improvement of Lung Vital Capacity for Elderly in Universitas Majalengka. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535, 487–490. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.110

Ishak, M. (n.d.). Pengaruh Senam Jumsihat. XVIII, 69–82.

Jawri, M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 8 Rambah. Universitas Pasir Pangairan, 3(1), 1–4. http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/1247

Kritis, K. B., Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Pemahaman Konsep Kinematika Gerak Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 197–208. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41927

Latief, H. . A. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris H.M. Adnan Latief. Journal, 4.

Luis, F., & Moncayo, G. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif.

Mulyana, S., Rusdi, R., & Vivanti, D. (2018). The Effect of Guided Inquiry Learning Model and Scientific Performance on Student Learning Outcomes. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 105. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.596

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Ruzaman, N. K., & Rosli, D. I. (2020). Inquiry-based education: Innovation in participatory inquiry paradigm. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10), 4–15. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.11460

Simonton, K. L., Layne, T. E., & Irwin, C. C. (2021). Project-based learning and its potential in physical education: an instructional model inquiry. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 12(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/25742981.2020.1862683

Sinulingga, A., Saputro, D. P., & Nova, A. (2021). The Differences Between Learning Model of Inquiry and Direct Instruction Toward Learning Outcomes of Discus Throw. Journal Sport Area, 6(1), 20–27. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).4856

Smallhorn, M., Young, J., Hunter, N., & Burke da Silva, K. (2015). Inquiry-based learning to improve student engagement in a large first year topic. Student Success, 6(2), 65–71. https://doi.org/10.5204/ssj.v6i2.292

Sormin, E., Julianti, K., Nadeak, B., & Naibaho, L. (2019). Use of Construction Inquiri Learning Model To Improve the Interest of Learning Students Grade Xi Sma Angkasa 2 in Coloid Materials. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 5(2), 908–917. https://doi.org/10.20319/pijss.2019.52.908917

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Trisdiono, H., Siswandari, S., Suryani, N., & Joyoatmojo, S. (2019). Development of Multidisiplin Integrated Project-Based Learning Model To Improve Critical Thinking and Cooperation Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 9. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.17401

Trisna Rahayu, E. (2019). Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Maenpo, 9(2), 83. https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.910

Waluyo, W., Yusfi, H., Destriana, D., & Destriani, D. (2020). Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Belitang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 57–63.

Zion, M., Schwartz, R. S., Rimerman-Shmueli, E., & Adler, I. (2020). Supporting Teachers’ Understanding of Nature of Science and Inquiry Through Personal Experience and Perception of Inquiry as a Dynamic Process. Research in Science Education, 50(4), 1281–1304. https://doi.org/10.1007/s11165-018-9732-9

Downloads

Abstract Views : 445
Downloads Count: 284

Published

2022-07-23

How to Cite

Indrayogi, & Maya Nurhayati. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK SENAM JUMSIHAT. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 764–773. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/2429

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.