PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP IT SHOBARUL YAQIEN

Penulis

  • Atik Dahli Zaqi SMP IT Shobarul Yaqien, Kawunggirang, Kabupaten Majalengka
  • Kamaludin Kamaludin Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka
  • E. Kosmajadi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i1.8440

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kegiatan budaya disiplin siswa di sekolah SMP IT Shobarul Yaqien Kawunggirang Majalengka. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinkan siswa di SMP IT Shobarul Yaqien, dapat dikelompokkan atau di kategorikan berperan baik sekali, namun terdapat faktor penghambat terkait  kesadaran dari setiap elemen sekolah dalam menciptakan budaya disiplin yang baik di sekolah. Oleh karena itu, Kepala sekolah diharapkan lebih berani mengontrol setiap elemen yang ada di sekolah sehingga  budaya disiplin di sekolah bisa meningkat dan kegiatan belajar mengajar bisa lebih efektif.

Kata Kunci:

Peran kepala sekolah, Kedisiplinan, Siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustinus Sukses Dakhi. (2021). Peningkatan Disiplin Siswa Dengan Kompetensi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(3).

Asikin. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kinerja Guru Sekolah Model. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 2(2), 103–111.

Bawamenewi, A. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Siswa Di Sma Negeri 1 Lolofitu Moi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 235–241. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2252

Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273

Dash, S. S., & Vohra, N. (2018). The Leadership of The School Principal: Impact on Teachers’ Job Crafting, Alienation and Commitment. Management Research Review, 42(3), 352–369. https://doi.org/10.1108/MRR-11-2017-0384

Kamaludin, Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2021). Performance of Educational Assessments: Integrated Assessment as an Assessment Innovation during the Covid-19 Pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 2708–2718. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i6.5777

Kamaludin, K. (2022). The Analysis Of Business Ethics In The Management Of Private College. Journal Of World Science, 1(3), 95–102. https://doi.org/10.36418/jws.v1i3.18

Lasdi, L., Nurkolis, N., & Egar, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah dan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah Di SD Negeri Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 6(3), 267–281. https://doi.org/10.26877/jmp.v6i3.2004

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1).

Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 2(02), 14~102–114~102. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/1049

Unduhan

Abstract Views : 58
Downloads Count: 34

Diterbitkan

2022-10-31