Author Guidelines

  1. Artikel yang dimuat di Jurnal Madinsika merupakan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan Manajemen Pendidikan dan Keguruan. Jurnal Madinsika menerima publikasi dari dosen, guru, praktisi, mahasiswa atau peneliti bidang Manajemen Pendidikan dan Keguruan. Jurnal Madinsika memfokuskan pada tema-tema Manajemen pendidikan islam, manajemen pendidikan, kepemimpinan pendidikan islam, kepemimpinan pendidikan, pengembangan profesi guru, dan bidang lain yang relevan. Jumlah kata minimal untuk keseluruhan artikel adalah 6000 kata.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia serta diperbolehkan dalam bahasa Inggris. Sistematika penulisan artikel adalah judul; nama penulis, abstrak disertai kata kunci; pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
  3. Judul artikel tidak boleh lebih dari 12 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan style tulisan Times New Roman, ukuran huruf 16 point.
  4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama, alamat lembaga asal, dan alamat e-mail, ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting (editor) hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail, dengan style tulisan Times New Roman, ukuran huruf 12 point.
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 250 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan (Abstrak versi bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring, 1 spasi).
  6. Artikel diketik dengan program Microsoft Word menggunakan format satu kolom, style tulisan Cambria, ukuran 11 pt, 1 spasi. Pengirimian naskah dilakukan secara online melalui website Open Journal System (OJS) dengan alamat https:https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/about/submissions
  7. Cara penulisan artikel harus mengacu kepada: 1. PENDAHULUAN2. METODE3. HASIL DAN PEMBAHASAN4. KESIMPULAN, dan ditambah dengan DAFTAR PUSTAKA
  8. Bagian METODE berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data (populasi, sampel, partisipan), teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti.
  9. Bagian HASIL DAN PEMBAHASAN berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis.
  10. Bagian KESIMPULAN berisi simpulan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf secara ringkas.
  11. Bagian DAFTAR PUSTAKA hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar pustaka. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 5 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang sudah terbit di Jurnal Lectura ini disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.
  12. Aturan pengutipan rujukan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun: halaman). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan, dan dibubuhi tanda kutip, Contoh: “….” (Brown, 2017: 37).
  13. Daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

 

Cara Merujuk Pengarang

Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun. Contoh: (Delima, 2012), atau Delima (2012). Rujukan lewat pengarang kedua sedapat mungkin dihindari. Misalnya: Noto (Hartono, 2012). Penulisan daftar pustaka menggunakan jenis huruf Palatino Linotype 12 pt dengan spasi 1, ditulis urut abjad dan baris kedua menjorok 1 cm dari baris pertama, dengan aturan penulisan sumber kepustakaan seperti buku dan berkala ilmiah sesuai contoh di bawah ini.

Baxter, C. (1997). Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.

Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology Vol. 1 (2), 274-285.

Dunkin, M.J. dan Biddle, B.J. (1974). The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston.

Berikut ini adalah cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber.

Buku Penulis tunggal

Baxter, C. (1997). Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.

Buku Penulis dua atau tiga

Dunkin, M.J. dan Biddle, B.J. (1974). The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston.

Buku Penulis berupa tim atau lembaga

American Psychiatric Association. (1994). Diagnostic and Statistical manual of mental disorders 4th ed. Washington DC: Author.

Buku Bukan edisi pertama

Mitchell, T.R., & Larson, J.R. (1987). People in Organizations: An Introduction to Organizational Behavior 3rd ed. New York: McGraw-Hill.

Buku berseri/multi volume (editor sebagai penulis)

Koch, S. (Ed,). (1959-1963). Psychology: A Study of Science (Vol. 1-6). New York: McGraw-Hill.

Buku Terjemahan

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaa, Implementasi (Hendra Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah). Jakarta: Prehanlindo.

Artikel (bab) dalam buku yang diedit

Eiser, S., Redpath, A., & Roges, N. (1987). Outcomes of Early Parenting: Knowns and Unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). logical thingking in children (pp.58-57). New York: Springer.

Makalah seminar, konferensi, dan sjenisnya

Crespo, C,J. (1998). Update on National Data on Asthma. Paper presented at the meeting of the National Asthma Education and Preventation Program, March. New York: Springer.

Artikel Jurnal

Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology Vol. 1 (2), 274-285.

Artikel majalah

Greenberg, G. (2001, August 13). As Good as Dead: Is There Really Such a Thing as Brain Death?. New York Bulletin, 36-41.

Resensi buku dalam jurnal

Grabill, C. M., & Kaslow, N. J. (1999). Anounce of prevention: improving children’s mental health for the 21st century [Review of the book Handbook of prevention with children and adolescents]. Journal of Clinica Child Psychology, 1 (28), 115-116.

Dokumen

NAACP (1999). Calls for Presidential Order to Halt Police Brutality Crisis. Amerika: NCTM.

Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente.

Internet
OECD. (2010). PISA Results: What Makes a School Successful? (online), (http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf.), diakses 26 Maret 2012.

 

Petunjuk Memasukkan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Sebagai bagian dari proses submit, penulis diharuskan untuk memeriksa kesesuaian naskah dengan template dan petunjuk penulis, dan naskah dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.
  2. File naskah dalam format file dokumen Open Office, Microsoft Word (.doc, .docx). Tidak diperkenankan format .pdf
  3. Setiap referensi dari artikel jurnal wajib diberikan URL untuk referensi dengan menuliskan alamat DOI setiap referensinya.
  4. Naskah sudah memenuhi persyaratan gaya selingkung yang digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang dapat ditemukan di halaman Tentang Kami.
  5. Pastikan identitas naskah yang telah disubmit tidak ada (Anonim). Hal ini digunakan untuk proses peer review.