PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.7676Abstract
Ada empat komponen yang membentuk kemampuan berbahasa: berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Salah satu komponen kemahiran berbahasa yang diperlukan adalah menulis, terutama dalam hal menyampaikan konsep, sentimen, dan ide dalam esai yang mungkin fiksi atau nonfiksi. Hampir tidak mungkin untuk memisahkan tulisan dari keberadaan manusia. Untuk mengumpulkan data untuk teknik ini, setiap artikel yang diterbitkan antara tahun 2018-2023 yang berhubungan dengan keterampilan menulis. Artikel yang digunakan bersumber dari LIPI, DOAJ, dan Google Scholar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerepan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis siswa SD berbantu media Gambar berseri yang merupakan jenis media pembelajaran yang umum digunakan dalam Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW), hal ini terbukti meningkatkan kemampuan menulis siswa berdasarkan penelitian dan analisis data.
Keywords:
Keterampilan Menulis, Model Think Talk Write, Sekolah DasarDownloads
References
Agung, U. D., & Utara, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar. 6(2), 2580–2586.
Arista, N. L. P. Y., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284.
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413
Dery, D. W., & Putra, K. E. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 25–37. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.338
Desimyari, M., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. 2(1), 141–150.
Di, M., Tinggi, K., & Mi, S. (2023). Problematika Serta Upaya Meningkatkan Keterampilan.
Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(3), 422–432.
Dianuri, S. R., Slamet, S. Y., & Poerwanti, J. I. S. (2017). Keefektifan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis cerita ditinjau dari minat menulis pada
siswa kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(4), 1–7.
Hae, Y., Rezeki, Y., & Tantu, P. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Penerapan
Media Pembelajaran Visual dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(4), 1177– 1184.
History, A. (2019). 3 1,2,3. 7.
Influence, T., Audiovisual, O., On, M., Learning, S., In, M., Social, C. V, Learning, S., Ainiyyah, S., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA. 437–447.
Kurniaman, O., & Riau, U. (2019). Investigating Think Talk Write ( TTW ) Learning Model to Enhance Primary Students ’ Writing Skill Investigating Think Talk Write ( TTW ) Learning Model to Enhance Primary Students ’ Writing Skill. February 2018. https://doi.org/10.33578/jtlee.v1i1.5394
Kustandi, C., Jakarta, U. N., Zianadezdha, A., Jakarta, U. N., Fitri, A. K., Jakarta, U. N., Farhan, M., Jakarta, U. N., L, N. A., & Jakarta, U. N. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya. 10(2), 291–299.
Laila, N., & Sekartiningsih, W. (2018). PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Jpgsd, 06(13), 2381–2393.
Lovita, I. D., Muslihin, H. Y., & Indihadi, D. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar dalam Tahapan Menulis Tompkins Melalui Model Think Talk Write. 6, 5951–5955.
Menulis, K., Di, P., Dasar, S., Novianti, F., Diba, F., & Putri, C. (2022). Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan.
Nasution, W. N. A. (2017). Analisis Permasalahan Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Dialog, 6(September), 2406–9401. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jd/article/view/696
Nopita, N., Maftuh, A., Nurani, R. Z., & Perjuangan, U. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif ( Studi Siswa Kelas III SD Negeri Mugarsari Tasikmalaya ).
Purwaty, R., & Fitrianti, H. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW ). 08(02), 245–254.
Putri, N. A., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. 4(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1682
Sa`diyah, K. U., Ridlo, S., & Wardono, W. (2019). Think Talk Write (TTW) Learning Model by Using Realia Towards Mathematical Communication Ability of Elementary School Students Article Info. Journal of Primary Education, 8(3), 254–261. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26613
Sari, E., Aprinawati, I., & Ananda, R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 250–262. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2036
Sekolah, S., Pada, D., Pelajaran, M., & Indonesia, B. (n.d.). No Title. IX(2), 9–19.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Sidabutar, Y. A., Maria, L., & Manihuruk, E. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 1923–1928.
Suriani, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Dengan Model Pembelajaran THINK TALK WRITE KELAS V SD NEGERI 118273 MAMPANG KECAMATAN
KOTAPINANG Pembelajaran bahasa Indonesia dalam buku Ummul ( 2018 ) mengatakan bahwa Bahasa kebahasaan . Teori bahasa sebagai p. 2(2), 223–235.
Syawaluddin, A. (n.d.). MEDIA.
Unun Pratiwi, V., Pendri, A., & Komalasari, D. (2021). Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Dasar. 9(1), 30–37.
Wibowo, A. W., Setyaningtyas, E. W., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Efektivitas Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Picture and Picture Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. 9(3), 1213–1219. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5151
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. 3(1), 51–57.
Wibowo, S. A., & Roysa, S.Pd., M.Pd., M. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Think Talk Write Berbantuan Media Komik Strip Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Siswa Kelas V Sd 1 Tritis. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2215
Widyawati, N. P. Y., Gading, I. K., & Margunayasa, I. G. (2021). Pengembangan Panduan Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Penilaian Portofolio pada Keterampilan Menulis Siswa SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 137–144. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35253
Wijayanto, P. N., & Budiyarto, T. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kembali Teks Narasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 18–23.
Yuliani, Y., Ikhsan, M. T. H., & Kurniasari, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk,
Write (Ttw) Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada …. 1(1), 48–
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sekar Marzan Shaffiyah, E. Kosmajadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.